Manajemen Pemasaran:
Pengertian, Konsep, Fungsi, dan Tujuan
![Pengertian Manajemen Pemasaran](https://i1.wp.com/www.maxmanroe.com/vid/wp-content/uploads/2017/11/Pengertian-Manajemen-Pemasaran.jpg?resize=640%2C346&ssl=1)
Pengertian Manajemen Pemasaran adalah sebuah
rangkaian proses analisis, perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan dan
pengendalian suatu kegiatan pemasaran dimana tujuannya adalah untuk mencapai
target perusahaan secara efektif dan efisien.
Dapat juga diartikan sebagai alat
untuk analisis, perencanaan, penerapan serta pengendalian suatu program dalam
perusahaan yang sudah dirancang untuk menciptakan, membangun dan juga
mempertahankan pertukaran agar bisa memberikan keuntungan. Keuntungan ini nantinya
digunakan sebagai jalan untuk mencapai tujuan utama sebuah bisnis atau
perusahaan.
Pelaku manajemen (baca: Pengertian
Manajemen) di bidang pemasaran adalah seorang manajer pemasaran yang akan
mempelajari struktur pembiayaan, sumber keuntungan, sumber daya serta
kompetensi. Hal lainnya yang tak luput dipelajari oleh manajer pemasaran adalah
diferensiasi produk dan posisi kompetitif, tingkat integrasi vertikal, riwayat
respon perkembangan industri serta faktor lainnya yang masih berkaitan dengan
kompetitor.
Konsep
Manajemen Pemasaran
Konsep manajemen pemasaran diartikan
sebagai falsafah bisnis dimana pemuasan kebutuhan konsumen adalah syarat
ekonomi dan sosial untuk kelangsungan pertahanan perusahaan. Tujuannya adalah
untuk memberi kepuasan terhadap apa yang diinginkan konsumen (Stanton, 1978).
Oleh karena itu setiap kegiatan
pemasaran dalam perusahaan harus diarahkan untuk tujuan tersebut. Ada 3 elemen
penting yang termasuk konsep manajemen pemasaran yaitu:
1. Orientasi Pada Konsumen (Market
Oriented)
Konsep pemasaran yang paling baik adalah
dengan menjadikan konsumen sebagai prioritas utama. Itulah sebabnya mengapa
dalam strategi marketing selalu mengedepankan konsumen.
2. Perencanaan Kegiatan Pemasaran
Pengaturan secara dinamis sebagai bentuk
penyusunan berbagai kegiatan pemasaran secara menyeluruh. Semua aktivitas
pemasaran, mulai dari strategi, implementasi, analisis, pengawasan, dan
kegiatan lain yang terkait dengan pemasaran harus disusun secara terperinci.
3. Kepuasan Konsumen
Unsur paling penting di dalam pemasaran
adalah kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen ini tidak hanya diukur dari
kualitas produk saja, tapi juga dari bagaimana strategi pemasaran yang
dilakukan.
Fungsi
Manajemen Pemasaran
Sebuah bisnis atau perusahaan yang
sedang berkembang wajib memahami manajemen pemasaran yang baik, apalagi pada
era globalisasi seperti ini dimana banyak kompetitor yang berlomba-lomba
memasarkan produknya bahkan hingga berbagai manca negara. Melalui artikel ini
akan dibahas fungsi manajemen pemasaran dan perannya untuk perkembangan bisnis
Anda.
Perusahaan wajib menjalankan manajemen
pemasaran dan melibatkannya sebagai salah satu strategi penting untuk mencapai
tujuan. Manajemen pemasaran memiliki beberapa fungsi berikut:
1.
Fungsi Pertukaran
Di sini fungsi pertukaran pada manajemen
pemasaran terbagi menjadi dua fungsi utama, yakni fungsi pembelian dan fungsi
penjualan. Lebih lanjut, fungsi pembelian berarti peran manajemen pemasaran
berfungsi sebagai proses timbal balik dari aktivitas penjualan.
Dengan begitu, diperlukan strategi
khusus terutama pemahaman mengenai kegiatan yang dapat menarik konsumen untuk
membeli. Sedangkan fungsi penjualan termasuk dalam aktivitas untuk
mempertemukan penjual dan pembeli yang bisa dilakukan secara langsung maupun
melalui perantara.
2.
Fungsi Fisis
Fungsi fisis manajemen pemasaran
terfokus pada kegunaan waktu, lokasi dan bentuk yang perlu dipertimbangkan pada
suatu produk ketika suatu produk akan diangkut, diproses dan disimpan hingga
sampai ketangan konsumen.
Jika tidak dipertimbangkan dan direncanakan
dengan baik, bisa jadi perusahaan akan mengalami kerugian besar akibat
penanganan produk yang tidak berstandar.
3.
Fungsi Penyediaan Sarana
Manajemen pemasaran juga memiliki fungsi
sebagai penyediaan sarana karena akan berkaitan dengan segala kegiatan yang
mampu melancarkan operasional pemasaran. Fungsi penyediaan sarana mencakup
segala proses pengumpulan, komunikasi, penyortiran sesuai standar dan
pembiayaan.
Tujuan
Manajemen Pemasaran
Secara umum ada 6 Tujuan Manajemen
Pemasaran, diantaranya adalah:
1. Membangun Permintaan
Penjualan hanya bisa terjadi bila ada
permintaan dari konsumen. Untuk membangun permintaan tersebut maka dibutuhkan
berbagai upaya pemasaran untuk menimbulkan ketertarikan dan rasa penasaran
konsumen terhadap barang.
2. Membangun Kepuasan Konsumen
Tidak cukup hanya mendapatkan permintaan
dari konsumen untuk mencapai target perusahaan. Tujuan selanjutnya adalah untuk
membangun kepuasan konsumen dengan cara memahami kebutuhan/ keinginan konsumen,
serta mengetahui bagaimana produk dapat memenuhi kebutuhan/ keinginan tersebut.
3. Mendapatkan Market Share
Tujuan manajemen pemasaran berikutnya
adalah untuk mendapatkan progres positif dari marketshare produk. Pasar ibarat
sebuah kue, dan setiap potongan kue merupakan gambaran market share.
4. Mendapatkan Keuntungan
Target akhir semua perusahaan adalah
mendapatkan keuntungan. Dan setiap perusahaan menetapkan nominal keuntungan
yang berbeda sebagai ukuran keberhasilannya.
Mencapai nominal keuntungan tersebut
merupakan salah satu tujuan manajemen pemasaran. Bagaimana perusahaan bisa
menjual dengan nilai margin optimal bisa menghasilkan tingkat penjualan yang
maksimal.
5. Mendapatkan Pencitraan Sesuai Harapan
Selain untuk mendapatkan keuntungan,
tujuannya adalah untuk mendapatkan pencitraan sesuai dengan harapan. Citra yang
baik terhadap produk dan perusahaan akan memberikan efek positif bagi
perusahaan, baik dari sisi konsumen, mitra, investor, dan tenaga kerja.
6. Menjaga Kelangsungan Usaha
Pemasaran adalah ujung tombak perusahaan
untuk mencapai target penjualan, kepuasan dan target keuntungan. Itulah
alasannya mengapa kelangsungan perusahaan juga menjadi bagian dari tujuan
manajemen pemasaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar