Selasa, 23 April 2019




Hasil gambar untuk rencana kewirausahaan salon

Proposal Kewirausahaan Salon Kecantikan T&Me

KATA PENGANTAR

                         Puji syukur penulis sanpaikan kepada Tuhan YME yang telah memberikan petunjuk Nya dalam menyelesaikan makalah ini. Adapun latar belakang penulis membuat proposal Usaha Salon Kecantikan ini, untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh Bapak Prof. Dr. Hapzi Ali, Ir, MM, CMA, MPM. Sebagai dosen mata kuliah Kewirausahaan.
Penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada beberapa pihak yang telah membantu dalam rangka penyelesaikan proposal ini, selain itu kerja sama yang baik diantara semua pihak yang terlibat dengan penulis membuat proposal ini dapat terselesaikan tepat pada waktu yang telah ditentukan.
                         Seperti kata pepatah, tidak ada gading yang tak retak. Penulis menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari sempurna, masih banyak hal yang kurang dalam penulisan proposal ini. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar penulis dapat memperbaikinya. Harapan penulis, semoga proposal ini dapat bermanfaat dan menjadi sumber ilmu yang baru bagi kita semua.



                                                                                                                   Jakarta, 22 April 2019.






DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ………………………………………………………   i
DAFTAR ISI …………………………………………………………………    ii
BAB I PENDAHULUAN ……………………………………………… 1
1.1 Latar Belakang …………………………………………………........   1
1.2 Maksud dan Tujuan ……………………………………….………… 3
1.3 Profil Perusahaan …………………………………………………….  4   
1.4 Visi dan Misi Perusahaan ………………………………………… 5
BAB II PEMBAHASAN ………………………….………………………..    3
2.1 Modal …………………………………………………............................  6
2.2 Rencana Kegiatan Operasional ………………………………   7
2.3 Manajemen Keuangan ……………………………..……………..   8
2.4 Manajemen Pemasaran …………………………………………….   9
BAB III PENUTUP……………………………………………………..…...    10
3.1 Kesimpulan ……………………………………………….….…………    10







BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Pernahkah Anda berpikir berapa penghasilan penata rambut di wilayah padat penduduk?
                        Ada banyak sekali konsumen yang ingin mengganti gaya rambut mereka dari waktu ke waktu. Beberapa bahkan memilih opsi berganti gaya rambut sebulan sekali sampai lainnya bisa seminggu sekali sampai dua minggu sekali. Apapun pilihannya, kenyataannya memang usaha salon kecantikan sangatlah menggiurkan.
                       Sejak jaman kuno, sudah ada kebutuhan bahwa wanita harus tampil menawan. Jika diperhatikan sampai sekarang ini tetap saja sama. Itu sebabnya banyak salon kecantikan bermunculan setiap hari di dunia. Peluang usaha salon kecantikan merupakan peluang yang dapat membuat seseorang menjadi kaya. Tentu saja ini terletak pada fakta pemahaman Anda untuk membuat model rambut unik dan menarik.
                          Di Indonesia, pertumbuhan kelas menengah cukup tinggi menyebabkan konsumen akan salon kecantikan juga naik. Mereka yang bekerja kantoran lazimnya tidak mempertimbangkan masalah biaya karena penampilan sangat penting untuk menunjang pekerjaan atau kepercayaan dirinya. Untuk konsumen kelas menengah mungkin akan pergi ke salon kecantikan setidaknya sebulan sekali sedangkan pelajar lebih jarang lagi. Kebutuhan akan kerapihan sebagai nilai kesopanan dalam berorganisasi tentu juga mendorong kebutuhan setiap warga untuk merapihkan penampilan rambutnya secara rutin.



1.2 Maksud dan Tujuan
                T&Me Salon merupakan salon kecantikan yang menerima konsumen pria dan wanita dengan kebutuhan tampilan rambut rapih dan menawan. Bukan rahasia jika sudah banyak salon kecantikan saat ini dan T&Me Salon akan membuat perbedaan. Kami menawarkan jasa khusus dimana penata rambut dapat datang ke rumah konsumen. Kami memahami jika layanan ke rumah seperti ini akan mendatangkan banyak keuntungan dan itu sebabnya kami ingin menjadi kunci pada tren ini.
                Tujuan bisnis salon kecantikan ini adalah untuk membuat wanita tampak cantik dengan gaya rambut terbaru dan memudahkan konsumen tanpa harus datang ke salon. Konsumen wanita ini sebagai imbalannya tidak akan berpikir panjang sekalipun membayar mahal. Ini karena kecantikan merupakan suatu hal yang tidak ternilai.
                  Di salon kecantikan T&Me semuanya sangatlah berbeda dari salon kebanyakan dimana fleksibilitas maksimum dan perhatian konsumen yang maksimal menjadi jaminan. T&ME akan menjadi tempat solusi rambut untuk konsumen. Dengan demikian, kami yakin akan mendapat pasar signifikan dan menciptakan hubungan jangka panjang dengan konsumen setia.


1.3 Profil Usaha
                  T&Me adalah sebuah usaha salon kecantikan yang dimiliki sepenuhnya oleh Theresia Magdalena. Berlokasi di Kembangan Barat blok A7. Saya sendiri merupakan pakar kecantikan dengan 10 tahun pengalaman tata rambut dan sudah bekerja di banyak salon kecantikan seluruh Indonesia. Saya akan bertanggung jawab langsung atas operasional harian T&Me.
                 Aktivitas operasional harian seperti rekrutmen, pelatihan, pembelian dan penjualan ritel merupakan beberapa bidang yang akan ditanganinya. Rekrutmen seluruh karyawan mulai dari resepsionis yang bertanggung jawab menerima tamu, penata rambut, dan kasir dan karyawan lainnya. Sebagai upaya untuk terus menarik minat konsumen, kami akan selalu melatih penata rambut dengan baik agar mereka dapat mengikuti perkembangan gaya rambut terkini. Juga penting untuk diketahui bahwa kami akan melayani semua jenis konsumen tanpa diskriminasi suku, rasa tau agama.
                Kami semangat untuk membuat konsumen tersenyum. Itu sebabnya kami merencanakan segala sesuatu dengan baik dan berinvestasi cukup banyak uang untuk menciptakan lingkungan yang kondusif. Kami percaya akan “kesan pertama sangatlah penting” sehingga mempersiapkan interior dan eksterior dengan seksama.


1.4 Visi dan Misi Perusahaan

Visi Usaha
Tujuan salon kecantikan T&Me adalah menjadi solusi rambut indah dimana rambut dan penampilan konsumen yang utama.

Misi Usaha
Misi usaha adalah untuk membangun brand bisnis salon kecantikan yang kratif dengan menonjolkan standar penampilan usaha salon dan kualitas layanan.






BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Perencanaan Modal
Usaha Salon kecantikan ini memiliki modal awalnya adalah Rp.10.000.000. uang tersebut digunakan untuk membeli peralatan-peralatan dan perlengkpan-perlengkapan, seperti halnya usaha lain usaha ini memiliki perencanaan baik dari segi, SDM, pemasaran, produksi dan keuangannya, adapun pembelanjaan uang tersebut adalah :

1.      Peralatan
-          Alat kecantikan : Rp. 2.000.000.-
-          Kosmetik : Rp. 2.500.000,-
2.      Perlengkapan :
-          Cermin dll : Rp. 1.500.000,-

Keseluruhan pengeluaran peralatan dan perlenglapan adalah Rp. 6.000.000, dan sisanya akan diunakan untuk biaya oprasional.

Usaha ini didirikan dikawasan kota yang letaknya tidak jauh dari perumahan masyarakat dengan maksud mempermudah membangun  komunikasi dan proses pemasarannya, gedung dan tanah ini kami sewa dengan harga Rp.500.000 / bulan, dengan biaya sewa air dan listrik sendiri, karena latar belakang usaha ini adalah memberikan pelayanan berupa periasan dan hal lain yang berkaitan dengan kecantikan.

2.2   Rencana kegiatan Operasional

Kegitan operasional atau produksi Usaha ini dilakukan ditempat sendiri dan juga datang ke tempat konsumen secara langsung, dimulai dari persiapan pekerjaan, menyiapkan alat-alat make up salon, dan perawatan lainnya, pemotongan rambut dngan gunting dll.
Proses pekerjaannya sendiri dilakukan oleh beberapa orang karyawan yang dipekerjakan secara bersamaan, dengan dengan melayani 1 orang pelanggan oleh 1 orang, adapun jasa pelayanan yang kami sediakan adalah  :
Gunting cuci blow : Rp. 30.000,- _Rp. 40.000,-
Creambath : Rp. 100.000,-
Clinical hair treatment : Rp. 80.000,- _ Rp. 90.000,-
Rebonding : Rp. 150.000,-
make Up : Rp. 75.000,- _ Rp. 400.000,-
Sanggul : Rp. 50.000,-
Hair do : Rp. 50.000,-
body scrub : Rp. 80.000,-
Facial Scrub : Rp. 50.000,-
Pedicure : Rp. 100.000,-
Potong Rambut : Rp. 25.000,-
Biaya Tambahan : 50.000/Pekerja (Jika datang ke rumah konsumen per Jam)




2.3  Manajemen Keuangan
                 Modal yang digunakan adalah modal 100% milik sendiri dan modal  pertama bisnis ini adalah sebesar Rp. 10.000.000,-  dan digunakan untuk membeli
1.      Peralatan
-          Alat kecantikan : Rp. 2.000.000.-
-          Kosmetik : Rp. 2.500.000,-
2.      Perlengkapan :
-          Cermin dll : Rp. 1.500.000,-
3.      biaya Perawatan Rp.100.000,- / Bulan
4.       gaji 3 orang @ Rp 1.000.000,-.  / Bulan
5.      Biaya listrik Rp. 150.000,- / Bulan
6.      tambahan Modal salon : Rp. 250.000,- / Bulan
7.      sewa gedung : Rp. 500.000,- / Bulan

Minimal Pendapatan dalam 1 bulan :
Dari potong Rambut : 5.000.000,-/ bulan (Target konsumen 200 orang)
Dari penyucian dan perawatan Rambut : 5.000.000,- / bulan
Dari makeup rias : 7.500.000,- / bulan (Target 100 orang)
Jumlah minimal pendapatan / bulan         : Rp. 17.500.000/bulan



2.4 Rencana Pemasaran
                   Bisnis Usaha salon kecantikan ini mungkin sudah banyak yang mendirikan, namun disamping itu masih banyak juga pelayanan yang kurang memuaskan pelanggan, layaknya candu, jika seseorang sudah mencoba suatu salon dan merasa nyaman, maka orang tersebut akan jadi pelanggan tetap, oleh karena itu pelayanan yang ekstra adalah langkah awal dalam memulai persaingan dengan usaha lain.
Promosi yang lain adalah dengan membuat brosur dan pasang iklan di beberapa media, termasuk internet..
                      Penelitian tentang saingan pun akan berpengaruh bagi proses pemasaran produk makanan ini, oleh karena itu kami pun meneliti para pesaing dengan meneliti jenis-jenis pelayanan, kekurangan dan kelebihannya secara spesifik, shingga perusahaan salon kecantikan ini mempunyai nilai lebih dari salon biasa, yaitu dengan harga yang murah dan prlayanan yang lebih memuaskan.
                      Strategi pemasaran T&Me akan didasarkan pada layanan konsumen berkualitas. Kami akan menjamin untuk memiliki konsumen loyal. Kami ingin memberikan yang terbaik untuk konsumen sehingga mereka akan membantu mempromosikan salon T&Me kepada teman-temannya.
                            Kami merupakan salon yang memiliki lokasi strategis dan kami akan memaksimalkan peluang yang ada. Itu sebabnya kami menghabiskan budget lebih untuk memilih lokasi yang mudah dilihat dan diakses banyak orang. Sebagai bagian dari pemasaran, strategi yang digunakan adalah seperti ini :
1.      Mengiklankan salon di majalan pria dan wanita sampai radio setempat
2.      Mempromosikan salon secara online dengan membuat website dan media sosial
3.      Terus meningkatkan kualitas layanan konsumen
4.      Menggunakan kwitansi menarik untuk meningkatkan awareness
5.      Menerapkan kupon diskon atau promo
6.      Memasang banner di lokasi strategis
7.      Memberi reward untuk konsumen setia.

BAB III
PENUTUP


3.1 Kesimpulan
                Jenis usaha yang akan didirikan ini adalah menyediakan pelayanan salon kecantikan, mulai dari perawatan rambut, wajah dan anggota tubuh lainnya, selain itu juga menerima periasan atau make up pada pelanggan untuk acara tertentu..
                Dengan beberapa bauran promosi dan meneliti kelemahan dan kelebihan pesaing akan bisa mencari cela dimana usaha ini akan menarik para pelanggan, jaringan yang luas serta didukung dengan pelayanan yang maksimal, maka dipastikan usaha ini layak dan akan jelas kelangsungan hidup usahanya. Keuntungan yang tidak mengecewakan bagi usaha seperti ini akan memberi jaminan bagi kelangsungan usaha dan tenaga kerja.
Dengan perkiraan keuntungan diatas maka dapat dipastikan juga perluasan usaha ini akan mudah terealisasikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar