![Hasil gambar untuk rencana kewirausahaan salon](https://image.cermati.com/v1521193066/z6lyvzdysgmpaq0pmzr3.jpg)
Proposal Kewirausahaan Salon Kecantikan T&Me
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis sanpaikan kepada Tuhan YME yang
telah memberikan petunjuk Nya dalam menyelesaikan makalah ini. Adapun latar
belakang penulis membuat proposal Usaha Salon Kecantikan ini, untuk memenuhi
tugas yang diberikan oleh Bapak Prof. Dr. Hapzi Ali, Ir, MM, CMA, MPM. Sebagai
dosen mata kuliah Kewirausahaan.
Penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada
beberapa pihak yang telah membantu dalam rangka penyelesaikan proposal ini, selain
itu kerja sama yang baik diantara semua pihak yang terlibat dengan penulis
membuat proposal ini dapat terselesaikan tepat pada waktu yang telah
ditentukan.
Seperti kata pepatah,
tidak ada gading yang tak retak. Penulis menyadari bahwa proposal ini masih
jauh dari sempurna, masih banyak hal yang kurang dalam penulisan proposal ini.
Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar
penulis dapat memperbaikinya. Harapan penulis, semoga proposal ini dapat bermanfaat
dan menjadi sumber ilmu yang baru bagi kita semua.
Jakarta, 22 April 2019.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ……………………………………………………… i
DAFTAR ISI ………………………………………………………………… ii
BAB I PENDAHULUAN ……………………………………………… 1
1.1
Latar Belakang …………………………………………………........ 1
1.2
Maksud dan Tujuan ……………………………………….………… 3
1.3
Profil Perusahaan ……………………………………………………. 4
1.4
Visi dan Misi Perusahaan ………………………………………… 5
BAB
II PEMBAHASAN ………………………….……………………….. 3
2.1
Modal …………………………………………………............................ 6
2.2
Rencana Kegiatan Operasional ……………………………… 7
2.3
Manajemen Keuangan ……………………………..…………….. 8
2.4
Manajemen Pemasaran …………………………………………….
9
BAB
III PENUTUP……………………………………………………..…...
10
3.1
Kesimpulan ……………………………………………….….…………
10
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Pernahkah Anda berpikir berapa penghasilan penata
rambut di wilayah padat penduduk?
Ada banyak sekali
konsumen yang ingin mengganti gaya rambut mereka dari waktu ke waktu. Beberapa
bahkan memilih opsi berganti gaya rambut sebulan sekali sampai lainnya bisa
seminggu sekali sampai dua minggu sekali. Apapun pilihannya, kenyataannya
memang usaha salon kecantikan sangatlah menggiurkan.
Sejak jaman kuno, sudah
ada kebutuhan bahwa wanita harus tampil menawan. Jika diperhatikan sampai
sekarang ini tetap saja sama. Itu sebabnya banyak salon kecantikan bermunculan
setiap hari di dunia. Peluang usaha salon kecantikan merupakan peluang yang
dapat membuat seseorang menjadi kaya. Tentu saja ini terletak pada fakta
pemahaman Anda untuk membuat model rambut unik dan menarik.
Di Indonesia, pertumbuhan
kelas menengah cukup tinggi menyebabkan konsumen akan salon kecantikan juga
naik. Mereka yang bekerja kantoran lazimnya tidak mempertimbangkan masalah
biaya karena penampilan sangat penting untuk menunjang pekerjaan atau kepercayaan
dirinya. Untuk konsumen kelas menengah mungkin akan pergi ke salon kecantikan
setidaknya sebulan sekali sedangkan pelajar lebih jarang lagi. Kebutuhan akan
kerapihan sebagai nilai kesopanan dalam berorganisasi tentu juga mendorong
kebutuhan setiap warga untuk merapihkan penampilan rambutnya secara rutin.
1.2 Maksud
dan Tujuan
T&Me Salon merupakan salon kecantikan yang menerima konsumen pria
dan wanita dengan kebutuhan tampilan rambut rapih dan menawan. Bukan rahasia
jika sudah banyak salon kecantikan saat ini dan T&Me Salon akan membuat
perbedaan. Kami menawarkan jasa khusus dimana penata rambut dapat datang ke
rumah konsumen. Kami memahami jika layanan ke rumah seperti ini akan
mendatangkan banyak keuntungan dan itu sebabnya kami ingin menjadi kunci pada
tren ini.
Tujuan bisnis salon kecantikan ini adalah untuk membuat wanita tampak
cantik dengan gaya rambut terbaru dan memudahkan konsumen tanpa harus datang ke
salon. Konsumen wanita ini sebagai imbalannya tidak akan berpikir panjang
sekalipun membayar mahal. Ini karena kecantikan merupakan suatu hal yang tidak
ternilai.
Di salon kecantikan T&Me semuanya sangatlah berbeda dari salon
kebanyakan dimana fleksibilitas maksimum dan perhatian konsumen yang maksimal
menjadi jaminan. T&ME akan menjadi tempat solusi rambut untuk konsumen.
Dengan demikian, kami yakin akan mendapat pasar signifikan dan menciptakan
hubungan jangka panjang dengan konsumen setia.
1.3 Profil
Usaha
T&Me adalah sebuah usaha
salon kecantikan yang dimiliki sepenuhnya oleh Theresia Magdalena. Berlokasi di
Kembangan Barat blok A7. Saya sendiri merupakan pakar kecantikan dengan 10
tahun pengalaman tata rambut dan sudah bekerja di banyak salon kecantikan
seluruh Indonesia. Saya akan bertanggung jawab langsung atas operasional harian
T&Me.
Aktivitas operasional harian seperti rekrutmen, pelatihan, pembelian dan
penjualan ritel merupakan beberapa bidang yang akan ditanganinya. Rekrutmen
seluruh karyawan mulai dari resepsionis yang bertanggung jawab menerima tamu,
penata rambut, dan kasir dan karyawan lainnya. Sebagai upaya untuk terus
menarik minat konsumen, kami akan selalu melatih penata rambut dengan baik agar
mereka dapat mengikuti perkembangan gaya rambut terkini. Juga penting untuk
diketahui bahwa kami akan melayani semua jenis konsumen tanpa diskriminasi
suku, rasa tau agama.
Kami semangat untuk membuat konsumen tersenyum. Itu sebabnya kami
merencanakan segala sesuatu dengan baik dan berinvestasi cukup banyak uang
untuk menciptakan lingkungan yang kondusif. Kami percaya akan “kesan pertama
sangatlah penting” sehingga mempersiapkan interior dan eksterior dengan
seksama.
1.4
Visi dan Misi Perusahaan
Visi Usaha
Tujuan salon kecantikan T&Me adalah menjadi
solusi rambut indah dimana rambut dan penampilan konsumen yang utama.
Misi Usaha
Misi usaha adalah untuk membangun brand bisnis
salon kecantikan yang kratif dengan menonjolkan standar penampilan usaha salon
dan kualitas layanan.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Perencanaan Modal
Usaha Salon kecantikan ini memiliki modal awalnya
adalah Rp.10.000.000. uang tersebut digunakan untuk membeli peralatan-peralatan
dan perlengkpan-perlengkapan, seperti halnya usaha lain usaha ini memiliki
perencanaan baik dari segi, SDM, pemasaran, produksi dan keuangannya, adapun
pembelanjaan uang tersebut adalah :
1. Peralatan
- Alat kecantikan : Rp. 2.000.000.-
-
Kosmetik : Rp. 2.500.000,-
2.
Perlengkapan :
-
Cermin dll : Rp. 1.500.000,-
Keseluruhan pengeluaran peralatan dan perlenglapan
adalah Rp. 6.000.000, dan sisanya akan diunakan untuk biaya oprasional.
Usaha ini didirikan dikawasan kota yang letaknya
tidak jauh dari perumahan masyarakat dengan maksud mempermudah membangun komunikasi dan proses pemasarannya, gedung
dan tanah ini kami sewa dengan harga Rp.500.000 / bulan, dengan biaya sewa air
dan listrik sendiri, karena latar belakang usaha ini adalah memberikan
pelayanan berupa periasan dan hal lain yang berkaitan dengan kecantikan.
2.2 Rencana kegiatan Operasional
Kegitan operasional atau produksi Usaha ini
dilakukan ditempat sendiri dan juga datang ke tempat konsumen secara langsung,
dimulai dari persiapan pekerjaan, menyiapkan alat-alat make up salon, dan
perawatan lainnya, pemotongan rambut dngan gunting dll.
Proses pekerjaannya sendiri dilakukan oleh beberapa
orang karyawan yang dipekerjakan secara bersamaan, dengan dengan melayani 1
orang pelanggan oleh 1 orang, adapun jasa pelayanan yang kami sediakan
adalah :
Gunting cuci blow : Rp. 30.000,- _Rp. 40.000,-
Creambath : Rp. 100.000,-
Clinical hair treatment : Rp. 80.000,- _ Rp. 90.000,-
Rebonding : Rp. 150.000,-
make Up : Rp. 75.000,- _ Rp. 400.000,-
Sanggul : Rp. 50.000,-
Hair do : Rp. 50.000,-
body scrub : Rp. 80.000,-
Facial Scrub : Rp. 50.000,-
Pedicure : Rp. 100.000,-
Potong Rambut : Rp. 25.000,-
Biaya Tambahan : 50.000/Pekerja (Jika datang ke rumah
konsumen per Jam)
2.3 Manajemen Keuangan
Modal yang digunakan adalah modal 100% milik sendiri dan modal pertama bisnis ini adalah sebesar Rp.
10.000.000,- dan digunakan untuk membeli
1. Peralatan
- Alat kecantikan : Rp. 2.000.000.-
-
Kosmetik : Rp. 2.500.000,-
2.
Perlengkapan :
-
Cermin dll : Rp. 1.500.000,-
3. biaya
Perawatan Rp.100.000,- / Bulan
4. gaji
3 orang @ Rp 1.000.000,-. / Bulan
5. Biaya
listrik Rp. 150.000,- / Bulan
6. tambahan Modal salon : Rp. 250.000,- /
Bulan
7. sewa
gedung : Rp. 500.000,- / Bulan
Minimal Pendapatan dalam 1 bulan :
Dari potong Rambut : 5.000.000,-/ bulan (Target
konsumen 200 orang)
Dari penyucian dan perawatan Rambut : 5.000.000,- /
bulan
Dari makeup rias : 7.500.000,- / bulan (Target 100
orang)
Jumlah minimal pendapatan / bulan : Rp. 17.500.000/bulan
2.4
Rencana Pemasaran
Bisnis Usaha salon kecantikan ini mungkin sudah banyak yang mendirikan,
namun disamping itu masih banyak juga pelayanan yang kurang memuaskan
pelanggan, layaknya candu, jika seseorang sudah mencoba suatu salon dan merasa
nyaman, maka orang tersebut akan jadi pelanggan tetap, oleh karena itu
pelayanan yang ekstra adalah langkah awal dalam memulai persaingan dengan usaha
lain.
Promosi yang lain adalah dengan membuat brosur dan
pasang iklan di beberapa media, termasuk internet..
Penelitian tentang
saingan pun akan berpengaruh bagi proses pemasaran produk makanan ini, oleh
karena itu kami pun meneliti para pesaing dengan meneliti jenis-jenis
pelayanan, kekurangan dan kelebihannya secara spesifik, shingga perusahaan
salon kecantikan ini mempunyai nilai lebih dari salon biasa, yaitu dengan harga
yang murah dan prlayanan yang lebih memuaskan.
Strategi pemasaran
T&Me akan didasarkan pada layanan konsumen berkualitas. Kami akan menjamin
untuk memiliki konsumen loyal. Kami ingin memberikan yang terbaik untuk
konsumen sehingga mereka akan membantu mempromosikan salon T&Me kepada
teman-temannya.
Kami merupakan
salon yang memiliki lokasi strategis dan kami akan memaksimalkan peluang yang
ada. Itu sebabnya kami menghabiskan budget lebih untuk memilih lokasi yang
mudah dilihat dan diakses banyak orang. Sebagai bagian dari pemasaran, strategi
yang digunakan adalah seperti ini :
1.
Mengiklankan
salon di majalan pria dan wanita sampai radio setempat
2.
Mempromosikan
salon secara online dengan membuat website dan media sosial
3.
Terus
meningkatkan kualitas layanan konsumen
4.
Menggunakan
kwitansi menarik untuk meningkatkan awareness
5.
Menerapkan
kupon diskon atau promo
6.
Memasang
banner di lokasi strategis
7.
Memberi
reward untuk konsumen setia.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Jenis usaha yang akan didirikan ini adalah menyediakan pelayanan salon
kecantikan, mulai dari perawatan rambut, wajah dan anggota tubuh lainnya,
selain itu juga menerima periasan atau make up pada pelanggan untuk acara
tertentu..
Dengan beberapa bauran promosi dan meneliti kelemahan dan kelebihan
pesaing akan bisa mencari cela dimana usaha ini akan menarik para pelanggan,
jaringan yang luas serta didukung dengan pelayanan yang maksimal, maka
dipastikan usaha ini layak dan akan jelas kelangsungan hidup usahanya.
Keuntungan yang tidak mengecewakan bagi usaha seperti ini akan memberi jaminan
bagi kelangsungan usaha dan tenaga kerja.
Dengan perkiraan keuntungan diatas maka dapat
dipastikan juga perluasan usaha ini akan mudah terealisasikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar