KARYA TULIS
ILMIAH
“ Sumber Daya Komputasi dan Komunikasi “
Yananto Mihadi Putra, SE., M.Si
![Image result for logo umb](https://mercubuana.ac.id/id/images/zt_bravi/logo_baru_umb.jpg)
Disusun Oleh:
Theresia Magdalena
(43218110075)
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis
sanpaikan kepada Tuhan YME yang telah memberikan petunjuk Nya dalam
menyelesaikan makalah ini. Adapun latar belakang penulis membuat TUGAS SISTEM INFORMASI
MANAJEMEN: SUMBER DAYA KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI untuk memenuhi tugas yang
diberikan oleh Bapak Yananto Mihadi Putra, SE, M.Si Sebagai dosen mata kuliah
Sistem Informasi Manajemen.
Penulis ingin
mengucapkan terima kasih kepada beberapa pihak yang telah membantu dalam rangka
penyelesaikan proposal ini, selain itu kerja sama yang baik diantara semua
pihak yang terlibat dengan penulis membuat proposal ini dapat terselesaikan
tepat pada waktu yang telah ditentukan.
Seperti kata pepatah,
tidak ada gading yang tak retak. Penulis menyadari bahwa proposal ini masih
jauh dari sempurna, masih banyak hal yang kurang dalam penulisan proposal ini.
Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar
penulis dapat memperbaikinya. Harapan penulis, semoga proposal ini dapat
bermanfaat dan menjadi sumber ilmu yang baru bagi kita semua.
Jakarta, 07
Oktober 2019.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sumber daya komputer bukan hanya
terdapat pada meja, tetapi juga meliputi peranti keras dan peranti lunak serta
file-file yang diakses melalui sebuah jaringan. Sumber daya komputer yang kita
gunakan sering terhubung melalui sebuah jaringan. Kecepatan dan biaya
komunikasi dan prosesor komputer mempengaruhi penggunaan sumber daya. Harga
akan terus mengalami penurunan dan pada kenyataannya, kekuatan komputer
meningkat dua kali lipat setiap 18 bulan untuk harga yang sama. Sebaliknya
dalam waktu 18 bulan kita dapat membeli sebuah komputer dengan tingkat
kecepatan yang saat ini dengan setengah harga. Intensif untuk menghubungkan
komputer micro melalui jaringan berasal dari adanya keinginan untuk mendapatkan
laba yang lebih tinggi.
Manajer yang dapat saling berbagi
informasi berbasisi komputer dengan
cepat dan mudah akan mengambil keputusan
yang lebih baik dan lebih cepat dari pesaingnya. Bisnis tidak akan dapat bersaing
secara efektif tanpa mampu berbagi informasi berbasis komputer yang dimilikinya
dan pembagian ini membutuhkan adanya jaringan. Standar teknologi selalu
berubah, perusahaan yang dapat melihat ke masa depan.
B. Rumusan Masalah
Yang
menjadi rumusan masalah dalam makalah ini ialah:
1. Bagaimana yang dimaksud dengan Piranti Keras
dalam sumber daya komputasi?
2. Apa-apa saja yang termasuk alat-alat
komputasi pribadi?
3. Bagaimana yang dimaksud dengan Piranti
Lunak dalam sumber daya komputasi?
4. Apa yang dimaksud dengan Komunikasi?
5. Apa-apa saja jenis –jenis jaringan?
C. Tujuan Penulisan
1. Untuk mengetahui bagaimana piranti keras
dalam sumber daya komputasi
2. Untuk mengetahui apa saja yang termasuk
kedalam alat-alat komputasi pribadi
3. Untuk mengetahui bagaimana yang dimaksud
dengan Piranti Lunak
4. Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan
komunikasi
5. Untuk mengetahui jenis-jenis jaringan
BAB II
PEMBAHASAN
A. PERANTI KERAS
Komputer
memiliki bermacam-macam kecepatan dan harga namun semua memiliki fitur-fitur
yang umum. Fitur-fitur yang menjadi perhatian ialah prosesor, memori, kapasitas
penympanan dan alat input dan output. Semua komputer untuk tujuan umum memiliki
jenis-jenis komponen yang sama yakni komponen-komponen yang lebih besar
memiliki komponen yang lebih banyak dan lebih cepat daripada komputer micro.
Komputer-komputer
besar yang menjalankan kebanyakan operasi komputer untuk sistem informasi
tersentralisasi disebut sebagai komputer mainframe atau mainframe yang
mendukung ratusan atau ribuan pengguna dan operasi seccara langsung. Komputer
micro muncul ketika komputer digunakan oleh satu orang dan disebut sebagai
komputer pribadi atau personal computer (PC). Dewasa ini kekuatan komputer
micro telah berkembang dan tersambung dengan komputer lain melalui internet namun
sering disebut sebagai PC karena sering digunakan oleh satu orang yang
melakukan tugas komputer dalam jumlah terbatas.
PROSESOR
Prosesor
atau disebut juga sebagai unit pemrosesan pusat atau central processing unit –
CPU ialah tempat dimana pemrosesan data dilakukan. Sebuah prosesor seperti
Pentium Extreme Edition dari Intel mengendalikan kalkulasi dan perbandingan
data secara logis dan juga mengarahkan dan mengendalikan pergerakan data dari
satu lokasi ke lokasi lainnya dalam komputer. Kecepatan prosesor dan ukuran
word bersama-sama bergabung untuk meningkatkan kekuatan komputasi.
Kecepatan Prosesor
Kecepatan prosesor diukur oleh
jumlah siklus yang terjadi perdetik dan angka yang telah berkembang dengan
cepat selama beberapa tahun sejak IBM memperkenalkan komputer micro pertamanya.
Kecepatan pada awalnya dinyatakan dalam megahertz (MHz) yang berarti juta
siklus per detik. Setiap siklus adalah suatu peluang dialkukannya aksi seperti
menambahkan dua angka.
Ukuran Word
Prosesor-prosesor pertama disebut
mesin “8-bit” karena data sebesar 8 bit akan membentuk ukuran dari satu word.
Bit ialah nilai tunggal yang terdiri atas nol atau satu. Word adalah ukuran
dari berapa banyak bit yang dapat digerakkan dengan satu siklus komputer.
Delapan bit akan membentuk satu bita (byte) dan setiap bita dapat menyimpan
satu karakter.
Ukuran word adalah hal yang penting
yang menentukan berapa banyak karakter dapat dipindahkan dalam satu siklus
prosesor. Komputer micro yang pertama memiliki ukuran word sebesar 8-bit tetapi
komputer micro dewasa ini menggunakan ukuran 32-bit. Komputer micro yang
pertama hanya dapat memindahkan satu karakter dengan satu siklus; komputer
micro sekarang dapat memindahkan empat karakter dengan satu karakter dan
semakin lam aakan semakin berkembang.
Kekuatan
Kekuatan komputer dipengaruhi oleh
ukuran word dan kecepatan prosesor. Perbaikan dalam sirkuit prosesor akan
memungkinkan operasi dikerjakan dalam siklus yang lebih sedikit. Hukum Moore
menyatakan bahwa kecepatan sebuah komputer akan mengingkat dua kali lipat
setiap 18 bulan. Ini merupakan kombinasi kecepatan prosesor ukuran word, dan
perbaikan sirkuit yang menghasilkan peningkatan kecepatan yang luar biasa.
Bagi banyak orang, pertumbuhan
kekuatan komputer adalah hal yang sulit untuk dimengerti. Seiring dengan
turunnya harga teknologi informasi, para manajer akan menggunakan lebih banyak
teknologi infomasi dalam membantu pengambilan keputusan yang mengubah car
amereka dalam memecahkan masalah.
MEMORI
Pada dasarnya, adta disimpan dalam
sebuah komputer dalam dua cara yaitu memori dan penyimpanan. Memori yang
disebut juga ruang penyimpanan primer atau random access memory (RAM) mengacu
pada area penyimpanan yang terdapat pada papan sirkuit komputer.memori ialah
barang yang rentan karena isinya akan hilang ketika daya dimatikan, yang
mencerminkan fakta bahwa nilai bit akan dapat diubah secepat yang bisa
dilakukan oleh prosesor.
Jumlah memori dalam sebuah komputer
mikro dapat memberikan dampak yang signifikan pada persepsi pengguna akan
kecepatan. Komputer mikro umumnya memiliki memori sebesar 128 hingga 256
megabita (MB) sekitar 256 juta bita. Memori dapat dianggap sebagai suatu
ruangan kerja yang digunakan oleh prosesor. Lebih efisien bagi prosesor untuk
mengakses dan menggunakan data yang terdapat dalam memori. Memori telah menjadi
lebih cepat agar tetap dapat mengikuti prosesor-prosesor yang lebih kuat.
RUANG PENYIMPANAN
Ruang penyimpanan untuk komputer
muncul dalam banyak bentuk media yang berbeda yang memiliki karakteristik yang
berbeda yang menjadikannya lebih sesuai untuk tugas tugas tertentu. Ruang
penyimpanan dapat berbentuk tetap atau
dapat dilepas.
Ruang penyimpanan tetap (fixed
storage) adalah ruang penyimpanan yang terpasang seccara permanen di daam
komputer seperti hard drive komputer. Media penyimpanan yang dapat dilepas
(removable storage) biasanya berbentuk sebuah pita, disk, flash drive USB (pen
drive), CD dan media lainnya. Peranti keras komputer yang membaca dari dan
menulis ke media adalah sebuah drive. Media dan drive yang menggunakannya telah
dihubungkan dengan sangat erat sehingga kata-kata tersebut digunakan secara
sinonim oleh banyak pengguna komputer.
Ruang Penyimpanan Tetap
Komputer micro sering disertai
dengan ruang penyimpanan tetap sebesar 80 GB. Mainframe memiliki ruang
penyimpanan dalam besaran terabita bahkan petabita-ribuan kali penyimpanan yang
tersedia di sebuah komputer mikro.
Ruang Penyimpanan yang Dapat
Dilepas
Ruang penyimpanan yang dapat
dilepas dari satu komputer dan dipasang kembali ke komputer lain.
ALAT-ALAT INPUT (INPUT DEVICES)
Komputer tidak akan banyak berguna
tanpa alat-alat input dan output. Operasi bisnis membutuhkan sejumlah besar
alat input dan output dan dikembangkan alat-alat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Data yang
diterima dari manusia (human-captured data) mengacu pada input yang diisi oleh
seseorang yang mengetik pada sebuah keyboard, menekan mouse, menyentuh monitor
dan sebagainya. Input yang diterima dari manusia sangat penting karena
memberikan satu mekanisme langsung bagi pengguna untuk mengendalikan komputer.
Terdapat dua kendala bagi data yang
diterima dari manusia yakni pertama lambat dan kedua biasanya tidak dapat
mencapai tingkat akurasi yang tinggi seperti data yang diterima dari mesin.
Kejadian signifikan yang dapat dibaca dengan mesin terjadi ketika bisnis
diharuskan untuk memasang bar code (kode batang) pada setiap produk yang
dijual. Kode tersebut terlihat sebagai serangkaian garis-garis vertikal,
beberapa garis lebih tebal dan lebih tipis dibandingkan garis yang lain.
Data yang diterima dari mesin lebih
baik daripada data yang diterima dari manusia karena komputer akan memasukkan
data dengan biaya yang lebih rendah. Bisnis membutuhkan data akurat dalam
jumlah yang besar untuk proses pengambilan keputusan. Alasan utama bagi data
yang diperoleh dari mesin ialah kecepatan dan keakuratan proses penerimaan
data. Biaya yang rendah hanyalah merupakan keuntungan tambahan.
ALAT-ALAT
OUTPUT (OUTPUT DEVICES)
Dua alat output yang paling dikenal
ialah layar komputer atau sering disebut monitor dan printer. Gambar pada layar komputer
dipengaruhi oleh resolusi layar. Resolusi layar (screen resolution) mengacu
pada jumlah piksel, titik-titik cahaya yang terdapat pada monitor yang
ditampilkan layar. Resolusi layar yang tinggi memungkinkan penggunaan cukup
banyak icon secara praktis sehingga antarmuka pengguna berbentuk grafis atau
graphical user interface (GUI) telah menjadi antarmuka yang dominan. Ukuran monitor
diukur dari garis diagonal layar. Monitor dengan diagonal berukuran 17 dan 19
inchi adalah hal yang umum pada komputer-komputer yang populer saat ini.
Printer memiliki keunggulan serupa
dengan monitor. Printer umum dewasa ini menggunakan teknologi laser atau tinta.
Printer laser pada intinya sama seperti mesin fotocopy, sedangkan printer tinta
menyemprotkan tinta pada permukaan kertas. Keunggulan printer tinta ialah bahwa
printer ini secara mekanis kecil dan biasanya memiliki biaya yang lebih rendah dari printer
laser. Printer tinta memiliki keunggulan
praktis diatas printer laser dimana printer ini dapat memproduksi output
berwarna dengan biaya relatif rendah. Resolusi pencetakan tinta biasanya adalah
300 hingga 1.200 titik per inchi. Resolusi printer laser biasanya 1.200 titik
per inchi. Printer laser berwarna memiliki kecepatan kurang lebih 20 halaman
per menit sedangkan model yang hanya mencetak hitam dan putih dapat mencetak 50
halaman per menit.
MULTIMEDIA
Evolusi utama alat input dan output
adalah menuju ke arah multimedia, penggunaan lebih dari satu media pada saat
yang sama. Sebagian besar penggunaan komputer dewasa ini tidak akan mendapat
akses atau sistem informasi berbasis komputer jika tidak tersedia multimedia.
Bebrapa orang pengguna masih kurang memiliki pengetahuan, berfungsi pada
tingkat pengetahuan yang rendah atau memiliki cacat fisik. Anak-anak dan orang
dewasa yang memiliki pengetahuan mrginal membutuhkan kemampuan multimedia dari
komputer agar dapat secara efektif menggunakan sumber daya. Gambar-gambar
animasi yang bergerak dari satu langkah ke langkah lain, kemungkinan dengan
suara di latar belakang yang menjelaskan gambar tersebut dapat memberikan
pendidikan bagi kelompok pengguna ini. Kemampuan multimedia memperluas
masyarakat yang mempu berinteraksi yang berarti dengan sumber daya komputasi.
B. ALAT-ALAT KOMPUTASI PRIBADI
Komputasi
pribadi telah lama dihubung-hubungkan dengan komputer mikro. Bahkan,komputer
mikro pada awalnya disebut komputer pribadi (personal computer). Komputer mikro
saat muncul pertama kali bukan tergabung dalam suatu jaringan, dimana pengguna
hanya menggunakan sumber daya ini hanya untuk keperluan komputasi pribadi. Kini
masing-masing pengguna sebuah komputer mikro dapat berbagi file, dan sumber
lainnya ketika terhubung oleh suatu jaringan. Alat-alat komputasi pribadi
sebagai berikut:
Telepon Seluler dengan
Pesan dan Video Interaktif
Perusahaan-perusahaan
pembuat telepon seluler populer (Samsung, Nokia, Ericsson dan lain-lain) telah
membuat telepon yang menampilkan pesan tulisan dan gambar-gambar berukuran
kecil di layar tampilannya. Beberapa telepon seluler dapat menyimpan
video-video pendek. Telpon seluler memiliki fitur-fitur lain yang membantu
fungsi-fungsi bisnis. Seperti adanya daftar kontak yang ada dalam telpon
selular yang tidak hanya mencantumkan nomor, tetapi nama, alamat, alamat
e-mail, catatan dan lebih banyak lagi.
Agenda
dan alarm adalah dua fitur yang membantu tujuan bisnis. Manajer dan profesional
menghadiri banyak rapat, dan alarm telpon seluler bekerja seperti sebuah jam
alarm yang berdering pada waktu yang telah ditentukan.
Telepon Seluler Cerdas
Telepon
seluler dianggap sebagai telepon cerdas (smart phone) ketika menjalankan
pekerjaan-pekerjaan yang biasanya dihubungkan dengan komputer mikro. Treo
sebagai smart phone adalah bahwa ia dapat mensikronisasikan seluruh
informasinya (agenda,nomor telepon,dan banyak lagi )dengan sebuah komputer
mikro. Banyak model Treo maupun BlackBerry menggunakan protokol telepon seluler
digital GSM (Global System of Mobile Communication). GSM adalah sebuah
teknologi komunikasi selular yang bersifat digital yang banyak digunakan pada
mobile komonication. GSM protokol yang paling banyak digunakan di Eropa, Asia,
Afrika, dan Australia. Penggunaanya di Amerika Serikat dimulai pada tahun 2002,
dan mulai menjadi standar di negara tersebut.
Jaringan Rumah
Jaringan
komputer rumah telah sama populernya seperti perusahaan TV kabel dan perusahaan
telepon yang memasarkan modem untuk koneksi Internet “broadband.” Jika anda
memiliki TV kabel, Anda mungkin dapat membeli sebuah modem kabel sehingga Anda
dapat mengakses Internet melalui kabel yang membawa sinyal TV kerumah Anda.
Perusahaan telepon menjual modem DSL (digital subscriber line). Baik modem
kabel maupun DSL dapat membawa akses Internet berkeceparan tinggi ke rumah
Anda.
Pemasangan
modem dirumah yang memiliki lebih dari satu komputer mikro memiliki gerbang
berkecepatan tinggi keinternet melalui modem kabel dan DSL. Cara membagi
koneksi untuk beberapa komputer yaitu dengan menggunakan sebuah router
nirkabel. Modem akan tersambung ke router, dan router akan tersambung kekomputer
melalui sebuah jaringan nirkabel.
Keamanan
nirkabel harus memiliki jarak sekitar 100 meter didalam sebuah bangunan, karena
adanya dinding dan halangan-halangan lainnya. Jarak diluar ruangan kurang lebih
tiga kali lebih jauh. Ini artinya bahwa pengguna-pengguna lain dengan kartu
jaringan nirkabel akan dapat terhubung kerouter jaringan nirkabel anda jika
mereka tinggal atau bekerja dekat dengan anda. Sehingga ketika memasang router,
kemungkinan seseorang akan memasang sandi untuk membatasi jaringan nirkabelnya.
Fitur
lain yang perlu dinyalakan adalah enkripsi data yang dikirimkan diantara
komputer mikro dan router nirkabel. Enkripsi adalah proses mengamankan suatu
informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan
khusus. Data yang telah terenkripsi akan ditulis dalam kode sandi sedemikian
rupa, sehingga kecil kemungkinan seseorang akan dapat membaca imformasi yang
dikirimkan melalui jaringan nirkabel.
Keamanan Komputasi Rumah
Tiga
aspek keamanan memiliki arti yang penting bagi komputer mikro yang digunakan
dirumah dan ditempat kerja, yaitu:
Pembaruan. Terdapat dua jenis perbaruan
(update), yang penting bagi pengguna individu. Yaitu update untuk sistem oprasi
dan untuk peranti lunak aplikasi. Microsoft Windows adalah sistem oprasi yang
paling populer bagi komputer mikro. Meng-update sistem oprasi penting bagi
keamanan dan efisiensi. Aplikasi peranti lunak menambahkan fitur-fitur baru,
jika tidak meng-update mungkin tidak dapat mempergunakannya sama sekali. Karena
sistem operasi adalah program-program komputer yang mengendalikan sumber daya
peranti keras dan peranti lunak, para hacker mencoba terus menerus untuk menipu
dan memasukan peranti lunak yang berbahaya kedalam komputer. Sehingga
lakukanlah update sistem oprasi yang digunakan.
Virus. Virus komputer adalah program-program
komputer kecil yang menggandakan diri dengan memasukan diri mereka ke dalam
sumber daya komputer seperti program atau file yang lama-kelamaan dapat
mengambil alih sumber daya komputer karena begitu banyak program dan file yang
terinfeksi dan tidak dapat dipergunakan kembali.
Worm
adalah file atau program yang berdiri sendiri. Pada umumnya worm ini dianggap
sebagai virus, namun perbedaannya worm tidak tidak menempelkan diri pada
program atau file untuk menggandakan diri atau merusaknya. Worm dapat menghapus
file, mengirim e-mail dan menimbulakan masalah dengan berbagai cara. Virus
ataupun worm disebarkan melalui jaringan.
Untuk menghindari hal ini yaitu dengan cara meng-install peranti lunak
antivirus. Karena update peranti lunak antivirus secara rutin sama halnya
seperti meng-update peranti lunak sistem oprasi.
Spyware, Adalah sebuah program komputer kecil
yang mengawasi apa yang sedang dikerjakan dengan sumber daya komputer. beberapa
spyware membajak browser web anda dengan membawa anda ke satu situs web
tertentu setiap kali anda memasukan satu
kalimat untuk mencari di web. Untuk mengetahui suatu komputer terdapat spyware
atau tidaknya dengan men-download antispyware dan memeriksa komputer anda.
C. PERANTI LUNAK
Software
atau perangkat lunak, adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana
interaksi (penghubung) antara pengguna (user) dan perangkat keras (hardware).
Terdapat dua jenis dasar peranti lunak: peranti lunak sistem dan aplikasi.
Peranti lunak sistem dibutuhkan untuk menggunakan komputer,sedangkan peranti
lunak aplikasi memproses data pengguna. Peranti lunak aplikasi dapat diperoleh
dalam bentuk siap pakai atau dibuat sesuai pesanan untuk pengguna tertentu.
Peranti
Lunak Sistem
Peranti
lunak sistem (sistem software) atau yang disebut juga peranti lunak sistem
operasi, menjalankan tugas-tugas mendasar yang dibutuhkan oleh seluruh pengguna
dari satu komputer tertentu. Sistem operasi mengelola proses-proses komputer,
dan berfungsi sebagai suatu antarmuka yang menghubungkan pengguna, peranti
lunak aplikasi, dan peranti keras.
Contoh-contoh
sistem operasi untuk komputer mikro adalah Windows XP dan Mac OS X. Sistem
operasi untuk komputer-komputer yang lebih kecil biasanya berjalan pada lebih
dari satu prosesor pabrikan, sedangkan sistem operasi untuk komputer-komputer
mainframe besar, seperti OS/390 IBM, merupakan hak milik dan tidak dibagi
dengan pembuat-pembuat komputer yang lain. UNIX adalah suatu sistem operasi
yang tidak biasa dimana versi-versinya dapat dijalankan pada komputer mikro
maupun mainframe. UNIX adalah sebuah freeware, setiap orang dapat secara gratis
mempergunakan dan mengubahnya untuk memenuhi kebutuhan mereka masing-masing.
UNIX
juga memiliki versi yang menjadi hak milik (atau vendor akan mengenakan biaya
untuk penggunaan atau pembelian sistem operasi tersebut). Vendor menjadikan
versi UNIX mereka menjadi hak milik dengan menambahkan fitur-fitur pada sistem
operasi yang memperluas fitur-fitur standar versi UNIX yang gratis. Vendor-vendor
ini masih mendistribusikan versi-versi gratis UNIX (yang kadang disebut versi
“terbuka”) namun mereka juga secara agresif memasarkan versi-versi milik mereka
di mana mereka dapat menjualnya kepada konsumen.
Semua
komputer memiliki sistem operasi, namun sistem-sistem tersebut bervariasi dalam
sejumlah fungsi dasar dan dalam bagaimana fungsi-fungsi tersebut dijalankan.
Sistem operasi sebuah mainframe jauh lebih rumit daripada sistem operasi
komputer mikro dengan pengguna tunggal, karena mainframe harus melakukan
koordinasi dengan banyak alat-alat input dan output, juga menangani beberapa
pengguna sekaligus.
Peranti Lunak Aplikasi
Ada
beberapa macam peranti lunak aplikasi yaitu:
1.
Peranti lunak siap pakai (prewritten application software), atau kadang-kadang
disebut peranti lunak off-the-shelf, diproduksi oleh pemasok dan di jual kepada
pengguna. Pengguna hanya perlu menginstall peranti lunak di peranti keras
mereka, dengan sedikit atau tanpa modifikasi, agar dapat dipergunakannya.
Peranti lunak siap pakai memiliki dua keuntungan penting :
· Peranti lunak siap pakai telah
langsung tersedia. Bisnis tidak harus menunggu programmer mengembangkannya
selama tiga minggu atau enam bulan.
· Peranti lunak siap pakai lebih mudah
dari pada peranti lunak khusus.
Pengguna
akhir membuat peranti lunak aplikasi dalam jumlah signifikan yang dapat mereka
pergunakan dalam tugas-tugas pekerjaan. Seluruh bisnis tahu bahwa pengembangan
produk memiliki biaya tetap dan juga biaya variabel. Karena biaya tetap
pengembangan begitu tinggi bagi kebanyakan peranti lunak aplikasi, dibandingkan
dengan biaya variabel dalam memasarkan dan mendistribusikannya, biaya akhir
bagi bisnis karena mempergunakan peranti lunak siap pakai menjadi tidak begitu
besar, karena biaya pengembangan akan disebat di antara banyak pengguna.
Peranti lunak aplikasi siap pakai sangat menarik bagi bisnis-bisnis lebih kecil
yang memiliki jumlah karyawan yang terbatas untuk menulis program-program
komputer.
2.
Peranti lunak aplikasi khusus (custom aplications software). Terkadang sebuah
organisasi memiliki oprasi yang unik. Dalam kasus-kasus seperti ini, bisnis
mungkin memiliki programer atau sekelompok programer konsultannya sendiri yang
menulis peranti lunak untuk memenuhi kebutuhannya. Peranti lunak seperti ini
disebut dengan peranti lunak aplikasi khusus.
3.
peranti lunak yang ditulis oleh pengguna. Pengguna akhir membuat peranti lunak
aplikasi dalam penjumlahan signifikan yang dapat mereka pergunakan dalam
tugas-tugas pekerjaannya. Faktor-faktor yang membuat para pengguna akhir
membuat aplikasi mereka sendiri adalah kecepatan kapan aplikasi tersebut
dibutuhkan.
Peranan
Peranti Lunak yang Mudah Digunakan Pengguna
Peranti
lunak komputer yang sederhana dan penggunaannya intuitif sering kali di katakan
mudah digunakan pengguna (user-friendly). Istilah ini mungkin dapat memiliki
suatu konotasi negatif di mana secara tidak langsung dapat diartikan bahwa
aplikasi ini telah dibuat dengan begitu sederhana sehingga semua orang dapat
mempergunakannya.
Karakteristik
aplikasi yang mudah digunakan adalah sebagai berikut:
· Dialog yang dipandu untuk mengarahkan
pengguna sehubungan dengan data apa yang dibutuhkan, format data yang diminta,
dan masalah-masalah lainnya yang serupa
· Menu, daftar perintahdengan
langkah-langkah yang ditampilkan kebawah, dan icon: banyak cara untuk
menyelesaikan tugas yang sama memberikan panduan kepada pengguna yang masih
awam sekaligus pada waktu yang bersamaan memungkinkan lebih banyak pengguna
yang mahir mengambil jalan singkat untuk menyelesaikan tugas
· Pola dan formulir-formulir isian
· Bantuan yang sensitif pada konteks.
Informasi yang membantu hendaknya diberikan pada titik tertentu di mana
pengguna mengalami kesulitan, yang membutuhkan program komputer untuk tetap
melacak pada bagian aplikasi sebelah mana permintaan spesifik pengguna berasal
· Antarmuka berbentuk grafis dengan cara
menggunakan simbol-simbol terstandardisasi; pengguna hendaknya tidak diharapkan
untuk mempelajari icon-icon baru ketika setiap aplikasi ditulis. Harus terdapat
standarisasi dalam arti dan penggunaan icon serta lokasinya pada antarmuka
diantara berbagai jenis aplikasi.
D. KOMUNIKASI
Kecepatan
transmisi dapat antarkomputer yang berlangsung melalui sistem telepon publik
sering kali lebih lambat dari pada ketika komputer tersambung melalui
jaringannya sendiri. Alasannya adalah karena protokol untuk komunikasi sistem
telepon publik dirancang untuk komunikasi suara dan kualitas serta kecepatan
saluran komunikasi ini tidak harus tinggi. Protokol adalah spesifikasi dalam
pemformatan data yang akan ditransfer di antara peralata komunikasi.
Koneksi Publik
Seseorang
yang menggunakan sistem telepon tetap dapat memahami komunikasi.
Protokol-protokol untuk sistem telepon publik dirancang untuk memenuhi kriteria
minimum transmisi suara—transmisi analog bermutu rendah—dan kualitas yang
dibutuhkan untuk komunikasi data secara signifikan lebih rendah dari pada yang
dibutuhkan untuk transmisi data komputer. macam-macam koneksi sebagai berikut:
Modem
telepon menghubungkan sekitar setengah komputer rumah ke internet pada
kecepatan 56 Kbps (56.000), alat untuk menghubungkan komputer melalui saluran
telpon standar.
Modem
kabel memilki kecepatan 2 Mbs, yang merupakan alat yang menghubungkan ke kabel
coaxial yang diberikan oleh penyedia layanan TV kabel kesebuah komputer untuk
mendapatkan akses internet.kecepatan modem ini sangat bervariasi dengan
kecepatan 2Mbps sebagai kecepatan yang sering kali dipublikasikan dalam
iklan-iklan penyedia TV kabel.
Jaringan
layanan digital terintegrasi (Integrated Services Digital Network), sebuah
koneksi dengan menggunakan saluran telpon standar sebagai saluran terpisah yang
masing-masing berkomunikasi pada kecepatan saluran-saluran ini digabungkan
sehingga gabungan dasar “dasar” dari dua saluran akan menghasilkan kecepatan
komunikasi sebesar 128 Kbps. Gabungan yang paling sering adalah 23 saluran,
yang menghasilkan kecepatan komunikasi sebesar 1.5 Mbps.
Saluran
berlangganan digital (Digital Subcriber Line), memiliki kecepatan 32 Mbps hal
ini merupakan teknologi yang serupa dengan ISDN tetapi lebih canggih dalam
mengambil kuntungan dari kemampuan kecepatan berkomunikasi saluran telepon.
Saluran Pribadi
Saluran
pribadi (private line) adalah suatu sirkuit yang selalu terbuka untuk lalu
lintas komunikasi Anda. Saluran pribadi yang ditunjukan untuk Anda digunakan
disediakan oleh penyedia layanan yang umum, yaitu perusahaan telepon. Terdapat
dua jenis saluran pribadi yang populer yaitu saluran T-1 dan T-3. Yang
masing-masing memiliki kecepatan tranmisi maksimum sedikit di atas 1,5 Mbps, dan
dapat mentranfer data dengan kecepatan
43 Mbps.
Saluran
T-1 dan T-3 keduannya merupakan kumpulan dari koneksi 64 Kbps diantara dua
peralatan komunikasi telepon. Karena keduanya merupakan kumpulan dari koneksi
tersebut maka salurannya dapat dikomplekskan. Jadi mereka dapat dipecah menjadi
jalur-jalur komunikasi yang terpisah. Saluran T-1 sering digunakan oleh
organisasi bisnis dengan lalu lintas komunikasi data yang tinggi, sedangkan
saluran T-3 biasanya digunakan untuk para penyedia layanan.
Jaringan
Pribadi Maya (Virtual Private Networks)
Saluran
pribadi mahal biayanya, paling tidak jika dibandingkan dengan koneksi Internet.
Saluran pribadi lebih aman, karena data organisasi Anda adalah satu-satunya
data yang berada pada saluran komunikasi. Untuk menikmati keamanan dan
kecepatan saluran pribadi namun tetap dapat menggunakan jaringan internet yang
berbiaya rendah yaitu dengan VPN. Jaringan Pribadi Maya (Virtual Private
Networks—VPN) untuk mengimplementasikanya, organisasi perlu mengadakan kontrak
dengan penyediaan layanan Internet yang
menggunakan peranti lunak tunneling. Microsoft dan Cisco Syistem, sebagai dua
vendor utama peranti keras komunikasi dan peranti lunak-peranti lunak terkait
mendukung peranti lunak tunneling.
Komunikasi-Jaringan
Peranti
lunak tunneling hanya mnciptakan seperangkat lokasi-lokasi perantara peralatan
telepon yang akan mnyelenggarakan transfer komunikasi data tertentu. Privasi
tetap dijaga karena tunnel tersebut tidak dibuat kecuali jika komputer pengirim
dan penerima saling mengonfirmasikan kebenaran masing-masing.
International
organization for standardization didirikan pada tahun 1946; organisasi ini
menciptakan arsitekture standar Interkoneksi Sistem Terbuka (Open Systems
Interconnection—OSI) bagi koneksi-koneksi jaringan. OSI terdiri atas tujuh
model lapisan yang ditampilkan dalam tabel dibawah ini:
Protokol untuk Komunikasi
Komputer
Komputer
pada awalnya tidak dirancang untuk
berbagi data dengan komputer lain, dan hanya dengan terminal-terminal.
Terminal adalah suatu alat yang tidak memilki ruang penyimpanan atau prosesor,
terminal hanya menyediakan alat memasukan dan menampilkan data bagi komputer.
IBM menyadari keterbatasan komunikasi ini sebagai suatu masalah, khususnya
karena perusahaan tersebut ingin menjual beberapa komputer kepada satu
perusahaan. Sebagai tanggapan atas keterbatasan komunikasi ini, IBM dan
perusahaan-perusahaan lain mulai mengembangkan protokol komunikasi.
IBM menciptakan System Network
Architecture sebagai satu protokol miliknya pada tahun 1974. Protokol ini
dirancang untuk komputer-komputer besar, bukan komputer mikro. IBM juga
menyadari bahwa tidak semua pelanggannya mampu
atau ingin mengeluarkan biaya tambahan untuk mengendalikan peranti
keras. Kemudian perusahaan mulai mengembangkan protokol miliknya yang tidak
mengandalkan diri pada satu komputer induk untuk mengendalikan komunikasi
kekomputer-komputer lain, melainkan yang akan memperlakukan komputer lain
sebagai sesama (peer).
Protokol peer to peer memungkinkan
setiap komputer untuk bertindak sebagai pengendali dirinya sendiri. IBM
menamakan protokol ini lingkaran tanda (token ring), karena satu tanda token
logis akan diedarkan diantara sesama komputer. komputer yang memegang token
adalah komputer yang diperbolehkan untuk mengendalikan komunikasi.
Xerox mengembangkan satu arsitektur
komunikasi peer-to-peer yang berbeda
pada awal tahun 1970-an, dan dengan bekerja sama dengan intel dan digital
equipment corporation, mengeluarkan Ethernet. Ethernet adalah suatu protokol
terbuka bagi kiomunikasi peer-to-peer. Berbeda denga token ring milik IBM,
Ethernet bekerja dijalur tranmisi tunggal, tidak ada token yang diedarkan untuk
menentukan komputer mana yang mengendalikan media komunikasi.
Paket
Paket
data adalah satu bagian dari data total yang akan dikomunikasikan, digabungkan
dengan alamat komputer yang dituju, komputer pengiriman,dan informasi kendali
lainnya. Salah satu protokol penggantian paket yang lebih penting adalah
transmision control protokol.
Alamat
Jaringan Internet
Untuk
menjalankan paket-paket melalui jaringan, setiap komputer yang menangani paket
data harus memiliki suatu alamat yang unik. ketika menjalankan paket-paket di
Internet maka akan dipergunakan alamat IP. Alamat IP adalah empat bagian
kumpulan angka (yang masing-masing antara 0 hingga 255), yang dipisahkan oleh
titik. Bagian-bagian alamat tersebut akan menunjukkan jaringan, host,
subjaringan, dan komputer yang sedang dituju, sebagai contoh, alamat IP untuk
University of North Carolina di Wilmington adalah 152.20.9.40.
E. JENIS-JENIS JARINGAN
Meskipun
banyak pengguna merasakan sepertinya hanya terdapat satu jaringan, yaitu
Internet, terdapat beberapa jenis jaringan yang membangun blok-blok yang
bergabung dan memungkinkan terjadinya Internet. Internet itu sendiri hanyalah
satu jaringan dari jaringan-jaringan lain.
Memahami
bermacam-macam jenis jaringan merupakan hal penting, karena masing-masing dapat
memainkan peranan yang berbeda dalam strategi komunikasi perusahaan.
Bermacam-macam jenis jaringan secara efektif dapat membagi-bagi komunikasi. Sebagai
analoginya adalah tata ruang gedung yang di tempati oleh sebuah perusahaan.
Untuk dapat dimasukkan ke dalam
suatu jaringan, setiap peralatan-setiap komputer, printer, atau alat-alat lain
yang serupa harus terpasang pada media komunikasi melalui kartu antarmuka
jaringan. Kartu antarmuka jaringan atau
network interface card (NIC) bertindak sebagai suatu perantara diantara
data yang bergerak menuju dan dari komputer atau peralatan lain dan jaringan.
Jaringan
Area Lokal (Local Area Networks)
Jaringan
Area Lokal atau Local Area Networks (LAN) adalah sekelompok komputer dan
alat-alat lainnya (seperti printer) yang terkoneksi oleh suatu media yang sama.
Media ini biasanya berupa kabel tembaga, namun dapat berupa nirkabel, serat
optik, atau media-media lainnya. LAN biasanya menggabungkan komputer-komputer
yang secara fisik berdekatan, seperti berada di ruangan atau gedung yang sama.
Hanya komputer dan alat-alat lain dalam jumlah yang terbatas yang dapat
terhubung ke satu LAN.
Sebagai aturan umum, LAN mencakup
jarak total sebesar kurang dari satu setengah mil, dengan jarak diantara kedua
alat tidak lebih dari 60 kaki. Jarak ini hanya merupakan panduan, karena
spesifikasi yang dikarenakan oleh jenis media komunikasi, NIC yang digunakan, dan
peranti lunak LAN akan menentukan jarak nyata yang dibutuhkan. Kecepatan data
transmisi saat ini di dalam LAN biasanya berjalan dari 10 juta hingga 1.000
juta bit per detik (10 Mbps hingga 1 Gigabit per detik). LAN hanya menggunakan
media jaringan pribadi: LAN tidak memindahkan data melalui sistem telepon
publik.
Peranti keras jaringan komunikasi
REUTER
Alat
yang menghubungkan LAN. Router tidak hanya memancarkan kembali data tetapi juga
mengolah informasi pengendali yang dimuat dalam paket-paket komunikasoi agar
menentukan LAN mana yang akan menerima data.
SWITCH
Switch
menyaring data dari satu jalur jaringan ketika jalur tersebut tidak akan berisi
computer yang dituju. Sebagai hasil dari penyaringan akan menghilangkan lalu
lintas data yang tidak perlu untuk menjadikan komunikasi lebih efisien.
Jaringan
Area Metropolitan dan Jaringan Area Luas
Jaringan Area Metropolitan atau
metropolitan area network (MAN) adalah suatu jaringan yang memiliki batas jarak
fisik sebesar kurang lebih 30mil. Jarak yang di jangkau ini membedakan MAN dari
LAN. Secara konsep, MAN mungkin merupakan jaringan yang menghubungkan seluruh
suite di dalan gedung ( seluruh departemen). Menghubungkan beberapa gedung dari
satu organisasi bersama, seperti bangunan-bangunan dalam kampus sebuah
universitas, adalah aplikasi umum dari MAN.
Jaringan
area luas atau wide area network (WAN)
Digunakan untuk menghubungkan
komputer-komputer dan alat-alat lainnya ketika jaraknya melebihi batasan LAN
dan MAN. WAN menggunakan satu carrier umum, sistem telepon publik. Dengan
koneksi Internet yang semakin meluas, minat akan WAN pun menurun. Untuk tujuan
kepraktisan, WAN telah digantikan oleh Internet.
Internet
Internet
telah memberikan dampak yang jauh lebih besar pada komunikasi berbasis komputer
dari pada perkembangan yang lain, dan ia juga telah memunculkan
aplikasi-aplikasi khusus lainnya seperti intranet dan ekstranet. Sederhananya,
internet hanyalah sekumpulan jaringan yang dapat disatukan bersama. Jika
memiliki satu LAN dinsatu suit kantor dan LAN disuit kantor lainnya , ana dapat
menggabungkan keduannya, sehingga mencipatkan suatu internet.
Intranet
Organisasi
dapat membatasi akses kejarinagn mereka hanya kepada anggota-angota organisasi
dengan menggunakan intranet. Intranet menggunakan protokol jaringan yang sama
dengan internet. Namun membatasi akese kesumber daya komputer hanya pada
sekelompok orang terpilih didalam organisasi.
Ekstranet
Beberapa
pengguna dalam suatu jaringan yang memilki otorisasi bisa jadi berada diluar
batas perusahaan. Koneksi kepengguna di luar perusahaan kemungkinan besar akan
dapat dilakukan melalui internet. Ketika intranet diperluas untuk mencakup
pengguna-pengguna diluar perusahaa, maka disebut sebagai ektranet.
KONVERGENSI
KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI
Alat-alat
komputasi dan alat-alat komunikasi kini saling menyertakan fitur-fitur yang
dimiliki diantara keduanya. Kemungkinan-kemungkinan yang ada dibatasi oleh usia
baterai, kecepatan komunikasi, dan keamanan, ukuran tampilan dan keyboard,
serta imajinasi pengguna. Semua komputasi akan dikerjakan oleh prosesor
komputer yang ter dapat di dalam telepon Anda
Voice over internet protocol adalah
perlewatan komunikasi suara melalui internet laksana komunikasi digital. Setiap
sinyal suara yang dapat digitalisasi dan dikirimkan melalui internet dan
dimaiknkan kembali pada pengeras suara.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Komponen perangkat keras computer
terdiri dari prosesor, memori, ruang penyimpanan alat input, alat outputdan
alat input/output. Alat-alat komputasi pribadi adalah telpon selular dengan
pesan video interaktif, telpon selular cerdas, jaringan rumah,
Perangkat lunak terdiri dari
peranti lunak sitem dan peranti lunak aplikasi, yang terbagi menjadi bebrapa
bagian yaitu siap pakai, khusu dan ditulis oleh pengguna. Jenis-jenis jaringan
komputasi Lokal Area Network, Metropolitan Area Network, dan Wide area network.
Dengan
adanya sumber komputasi maka komunikasi pun berjalan. Dengan adanya
jaringan-jaringan para manajer dapat mengunakan waktunya secara efektif dan
efisien khususnya dalam pengambilan keputusan yang akurat dan tepat. Komunikasi
membutuhkan standar karena berbagai perusahaan peranti keras komputerdan
telepon harus mempunyai penyajian data yang sama dan dapat dipahami disepanjak
pergerakan media komunikasi. Untuk mencapai komunikasi yang baiok maka dari
sumber komputasi harus memilki alat-alat yang cepat, dan aman.
DAFTAR PUSTAKA
Reymond,
MC Leod. 2009. Sistem Informasi Manajemen. Salemba Empat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar