Senin, 09 September 2019

Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pada Perusahaan


TUGAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA PT. ARWANA CITRA MULIA


                                   Image result for logo mercu buana

                                                                                                                                                                              

Disusun Oleh : Theresia Magdalena
NIM : 43218110075







KATA PENGANTAR

                         Puji syukur penulis sanpaikan kepada Tuhan YME yang telah memberikan petunjuk Nya dalam menyelesaikan makalah ini. Adapun latar belakang penulis membuat TUGAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN: IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA PT. ARWANA CITRA MULIA  untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh Bapak Yananto Mihadi Putra, SE, M.Si Sebagai dosen mata kuliah Sistem Informasi Manajemen.
                       Penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada beberapa pihak yang telah membantu dalam rangka penyelesaikan proposal ini, selain itu kerja sama yang baik diantara semua pihak yang terlibat dengan penulis membuat proposal ini dapat terselesaikan tepat pada waktu yang telah ditentukan.
                         Seperti kata pepatah, tidak ada gading yang tak retak. Penulis menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari sempurna, masih banyak hal yang kurang dalam penulisan proposal ini. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar penulis dapat memperbaikinya. Harapan penulis, semoga proposal ini dapat bermanfaat dan menjadi sumber ilmu yang baru bagi kita semua.





                                                                                                                                   Jakarta, 06 September 2019.







x
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ................................................................................... v
DAFTAR ISI .................................................................................................. x
ABSTRAK ..................................................................................................... xii
BAB I PENDAHULUAN .............................................................................. 1
A. Latar Belakang ....................................................................................... 1
B. Tujuan Makalah ..................................................................................... 1
BAB II TINJAUAN TEORITIS ................................................................. 2-3
A. Sistem Informasi Manajemen.......................................................... 2
1. Pengertian Sistem Informasi Manajemen ................................. 2
2. Tujuan Sistem Informasi Manajemen ....................................... 3
3. Fungsi Sistem Informasi Manajemen ....................................... 3
BAB III LANDASAN TEORI .............................................................. 4-8
A. Sistem Informasi (Bagian-Bagiannya) .................................... 4
B. Sistem Informasi dan Organisasi …………………….................. 7
BAB IV PENUTUP ................................................................................... 9
A. Kesimpulan .......................................................................................... 9
DAFTAR PUSTAKA................................................................................ 10




xii
ABSTRAK

Nama    : Theresia Magdalena
Nim       : 43218110075
Fak/Jur : Ekonomi/Accounting
Judul     : SISTEM INFORMASI MANAJEMEN: IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA PT. ARWANA CITRA MULIA
Tugas ini membahas tentang bagaimana implemetansi sistem informasi manajemen pada PT. Arwana Citra Mulia
Tugas ini bertujuan untuk mengetahui implementasi sistem informasi manajemen pada PT. Arwana Citra Mulia serta memiliki kegunaan dari berbagai pihak, baik itu dari pihak perusahaan maupun dari pihak penulis sendiri.
Hasil dari tugas ini menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi manajemen dalam PT. Arwana Citra Mulia sudah terlaksana dengan baik dengan memanfaatkan segala fasilitas/ sarana dan prasarana sebagai batu pijakan dalam Optimalisasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen di perusahaan ini.










BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
                   Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, informasi, dan teknologi komunikasi menjadikan kamajuan ilmu pengetahuan diberbagai bidang seperti perusahaan ataupun organisasi, tanpa kecuali pada bidang pendidikan. Keberadaan dan peran teknologi informasi telah membawa era baru dalam perkembangan pendidikan tetapi belum diimbangi dengan peningkatan sumber daya manusia.
                  Sarlito W. Sarwono, menyatakan bahwa: Maju dan berkembangnya peradaban dunia juga mempengaruhi alat pendukungnya, diantaranya adalah teknologi komunikasi yang penggunaanya sebagai alat bantu untuk memproses dan mentransfer perangkat data informasi yang dibutuhkan, teknologi komunikasi pula sebagai sebab masuknya norma dan nilai baru dari luar yang pada gilirannya norma dan nilai baru ini masuk ke dalam lingkungan kehidupan keluarga dan masyarakat.
                    Pemanfaatan konsep dan strategi yang digunakan dalam memberikan layanan dapat berupa informasi. Aplikasi pengolahan informasi dalam berbagai bidang sering disebut dengan istilah MIS (Management Information System) atau SIM (Sistem Informasi Manajemen).
                  Sistem Informasi Manajemen adalah serangkaian sub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan.
                      Pada hal ini, penulis akan mengulas lebih dalam implementasi pada perusahaan Arwana Citra Mulia, dengan alasan karena PT. Arwana Citra Mulia menyadari pentingnya praktek sistem informasi yang dipadukan dengan kemajuan teknologi informasi yang dikembangkan di dalam sistem informasi yang handal dalam meningkatkan mutu perusahaan.

B. Tujuan Makalah
             Tujuan Tugas Makalah tentang SIM ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana memanfaatkan sistem informasi sebagai alat bantu dalam proses pengambilan keputusan manajemen.




BAB II
TINJAUAN TEORETIS

A. Sistem Informasi Manajemen (SIM)

                                     Image result for sistem informasi manajemen

1. Pengertian Sistem Informasi Manajemen
                       Sistem Informasi Manajemen mengandung arti sekumpulan orang, seperangkat pedoman dan pemilihan peralatan pengolahan data, menyimpan, mengolah dan memakai data untuk mengurangi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan dengan memberikan informasi kepada manajer agar dapat dimanfaatkan pada waktunya secara efesien.
                     Didefinisikan sebagai sekumpulan subsistem yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama dan membentuk satu kesatuan, saling berinteraksi dan bekerja sama antara bagian satu dengan yang lainnya dengan cara-cara tertentu untuk melakukan fungsi pengolahan data, menerima masukan (input) berupa data-data, kemudian mengolahnya (processing), dan menghasilkan keluaran (output) berupa informasi sebagai dasar bagi pengambilan keputusan yang berguna baik pada saat itu maupun di masa mendatang, dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada dan tersedia guna mencapai tujuan.

Sistem Informasi Manajemen (SIM) mempunyai karakteristik, yaitu:
a. Dalam organisasi terdapat satu bagian khusus sebagai pengelola SIM pendidikan
b. SIM merupakan jalinan lalu lintas data dan informasi dari setiap bagian di dalam bagian dalam organisasi yang terpusat di bagian SIM pendidikan
c. SIM merupakan jalinan hubungan antar bagian dalam organisasi melalui satu bagian SIM
d. SIM merupakan segenap proses yang mencakup: pengumpulan data, pengolahan data, Penyimpanan data, Pengambilan data, Penyebaran informasi dengan cepat dan tepat.
e. SIM bertujuan agar para pelaksana dapat melaksanakan tugas dengan baik dan benar serta pemimpin dapat mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.


2. Tujuan Sistem Informasi Manajemen
Di antara Tujuan Sistem Informasi Manajemen adalah:
a. Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
b. Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
c. Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.
Ketiga tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer dan pengguna lainnya perlu memiliki akses ke informasi akuntansi manajemen dan mengetahui bagaimana cara menggunakannya.

3. Fungsi Sistem Informasi Manajemen
Fungsi penting yang dibentuk Sistem Informasi
Akuntansi pada sebuah organisasi antara lain :
a. Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
b. Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
c. Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.

Dengan demikian jelas bahwa Sistem Informasi Manajemen yang efektif dapat memperlancar manajemen dalam pencapaian tujuan organisasi dan juga berfungsi dalam proses pengambilan keputusan serta pemecahan masalah yang lebih baik. Hal tersebut dapat tercapai dengan disediakannya informasi yang sesuai dengan kebutuhan baik dalam jumlah, kualitas, waktu, maupun biaya, selain biayanya mahal, juga tidak berguna.



BAB III
LANDASAN TEORI

1.     PENGELOMPOKKAN SISTEM INFORMASI

*Batch Procesing (Proses Pengelompokan)
Pada tahap awal perkembangan komputer , semua pemrosesan komputer berdasarkan batch-nya (Kelompoknya). Tehnisnya organisasi mengumpulkan tumpukan traksaksi lalu diolah pada suatu waktu, kemudian dicatat kedalam media computer yang dapat dibaca, seperti pita magnetik. Selanjutnya secara fisik dibawa kepusat Komputer dan seluruh persedian diperbaharui melalui pemrosesan dimana tumpukan data harian ditambah master file persediaan komputer. Baru setelah itu menghasilkan laporan.
* On – line sistem
Dengan maksud menghindari kelambatan waktu dalam pemrosesan sistem Batch, dengan sistem on-line setiap transaksi dimasukkan langsung ke Komputer ketika terjadi transaksi.

·         Bidang Aplikasi Pendukung Manajemen :
1.       Transaction Procesing System Sistem pemrosesan transaction, sistem ini memprose ribuan transaksi yang terjadi di organisasi setiap hari : penjualan, pembayaran, penerimaan, mengiriman dan penerimaan barang, sewa beli dll

2.       Decision Support System (DSS) adalah sistem yang berbasis komputer, biasanya bersifat interaktif, dirancang untuk membantu manajer atau membuat keputusan yang lain. DSS memasukkan baik data atau model untukmembantu pembuat keputusan dalam mengatasi masalah, khususnya masalah yang tidak terstruktur.

3.       Group Decision Support System (GSS) sistem dirangcang untuk mendukung suatu kelompok tidak hanya individu sistem ini disebut GSS (Group Decision Support System) atau Electronik Meeting System (EMS) yang bertujuan untuk memberi keuntungan kekuatan bagi kelompok organisasi dalam membuat keputusan yang lebih baik dibandingkan dengan keputusan yang dibuat sendiri.

4.       Geographic Information System (GIS) adalah suatu sistem berbasis komputer yang dirancang untuk mengumpulkan, menyimpan, mengambil, memanipulasi dan menampilkan data tempat (spatial data). GIS menghubungkan data ke peta yang ada dalam komputer sehingga karakteristik tempat dari data bisa dihimpun dengan mudah. GIS seringkali berfungsi sebagai DSS untuk menjalankan tugas penyeleksian tempat restauran fas food dan penetapan rute pengiriman barang.

5.       Exccutive Information System (EIS) Konsep kunci dari sistem ini adalah mampu mengirim informasi terbaru tentang keadaan bisnis langsung pada eksekutif puncak. EIS didesain untuk digunakan secara langsung oleh manajer puncak tanpa bantuan perantara. EIS menggunakan tampilan grafik, komunikasi, dan metode penyimpanan data untuk memudahkan para eksekutif dalam mengakses secara on-line informasi terbaru tentang keadaan organisasi yang dipimpinnya.

·         Bidang Aplikasi Pendukung Fungsional :
1.       Office Automation Otomasi kantor melibatkan seperangkatfungsi yang saling berhubungan dan dapat diintegrasikan dalam sistem tunggal. Fungsi-fungsi yang biasa dipakai adalah electronic mail, word processing, pengopian, penyimpanan dokumen, voice mail, desktop publishing.

2.       Factory Automation melibatkan seperangkat mesin-mesing yang terkontrol secara numerik (numericsal controlled machines) yang menggunakan program komputer untuk mengawasi jalannya mesin-mesin canggih.

3.       Computer Integrated Manufacturing (CIM) sistem yang menghubungkan MRP dan mesin yang dikontrol dengan angka (numerik) memungkinkan tidak hanya membuat jadwa,tapi mengawasi berbagai mesin yang sedang bekerja.

·         Bidang Aplikasi Berbasis Teknologi :
1.       Aftificial Intelligence (AI) Ide AI sendiri berdasarkan pemikiran bahwa bagaimana membuat komputer melakukan pekerjaan lebih baik dari yang dilakukan manusia. Sistem AI ini meliputi bahasa Natural, robot, sistem penglihatan dan pendengaran, sistem pakar, dan jaringan neural .


2.       Virtual Reality sistem yang mengacu pada penggunaan sistem berbasis komputer yang menciptakan suatu lingkungan yang tampak nyata terhadap satu atau lebih sensor dari pengguna.

·         Bidang Aplikasi Berbasis Rancang Bangun
A.      Distibuted System ð adalah sistem dimana komputer dari beberapa ukuran diletakkan diberbagai tempatsuatu organisasi menjalankan aktivitas bisnisnya (kantor pusat,pabrik,toko,gudang,bangunan kantor) dan komputer tersebut dengan jalur telekomunikasi agar mampu menyokong proses bisnis.

B.      Client.Server system ð adalah sistempemrosesan yang didistribusikan antara komputer server pusat, seperti minicomputer atau workstation, dengan jumlah komputer klien, yang biasanya dalam bentuk microkomputer destop.




2.     SISTEM INFORMASI MEMPENGARUHI ORGANISASI

a.       Pada Teori Ekonomi dan Teori Ekonomi Mikro, dimana membicarakan keterlibatan sejumlah besar perusahaan di suatu negara dan negara lain dalam skala bahasan ekonomi mikro dan makro dengan segala aspek perdagangan dalam lingkup negara dan international. Maka dengan demikian dalm teori ekonomi mikro teknologi informasi semestinya menghasilkan keikutsertaan sejumlah manajer menengah dan pekerja khusus yang lebih sedikit yaitu pada saat teknologi informasi menggantikan tenaga kerja manusia.

b.       Teori Biaya Transaksi : teknologi informasi dapat membantu perusahaan dalam menurunkan biaya transaksi, dan membuatnya lebih bernilai bagi perusahaan untuk melakukan kontrak dengan pemasok luar daripada menggunakan sumber-sumber penawaran dari luar.

c.        Teori Agensi : teknologi informasi memungkinkan bagi organisasi untuk mengurangi keseluruhan biaya manajemen dan memungkinkan untuk meningkatkan revenues, sementara manajemen menengah dan pekerjaan-pekerjaan klerikal dapat dikurangi.

d.       Teori Prilaku : Karena teknologi informasi digunakan untuk mempromosikan nilai-nilai dan keinginan organisasi. Pengaruh teknologi informasi adalah sebuah refleksi dari apa yang diorencanakan atau diinginkan organisasi dan perancang sistem. Dalam model prilaku perusahaan, pengaruh sistem informasi tidaklah sesederhana dan langsung seperti model ekonomi.

e.       Teori keputusan dan pengawasan : Fungsi organisasi adalah membuat keputusan dibawah kondisi yang tidak pasti dan beresiko serta tetap berada dibawah batasan rasionalitas.


f.         Teori Sosiologi : Oligarchi dan Rutin
                Teori sosiologi memfokuskan pada pertumbuhan hirarki, sruktur birokrasi dan prosedur operasi standart sebagai alat utama bagi organisasi dalam rangka menghadapi lingkungan yang tidak stabil.

g.       Teori Post-industrial : bentuk dan struktur yang bermuatan Pengetahuan.
            Dalam masyarakat paska industri, yaitu ekonomi paska industri tahun 1960-an. Sektor pelayanan mendominasi aktivitas perekonomian. Sektor pelayanan itu sendiri sangat mengutamakan knowledge worker(ilmuan, ahli tehnik, dan bahkan manajer) dan data worker seperti sekretaris, akuntan atau sales people. Dalam masyarakat paska ekonomi industri global, industri manufaktur dipindahkan kenegara-negara berupah rendah dan high skill, sementara pekerjaan berbasis pengetahuan (knowledge based) tumbuh dengan cepat di negara-negara maju dengan upah yang tinggi.

h.       Teori Budaya : Teknologi Informasi dan Asumsi Dasar.
            Teknologi informasi dapat mengancam atau mendukung budaya sebuah organisasi. Berkembangnya teknologi komputer mikro mengancam manufaktur komputer mainframe dan para pelanggannya. Sebaliknya, Teknologi informasi dapat mendukung budaya dalam organisasi, sebagaimana yang terjadi dalam industri asuransi yang menggunakan teknologi komputer untuk menekan cost. Khususnya dalam memproses klaim.

i.         Teori Politik : Teknologi Informasi sebagi sumber daya Politik
              Organisasi dibagi ke dalam sub-sub kelompok fungsional sepertipemasaran, akuntasi, dan produksi. Kelompok-kelompok inimempunyai nilai (value) yang berbeda dan mereka bersaing untuk mendapatkan resources, membuat kompetisi dan konflik. Teori politik menggambarkan sistem informasi sebagai outcome dari persaingan politik antar sub-sub kelompok untuk mempengaruhi kebijakan, prosedur, dan resources organisasi.


BAB IV
PENUTUP

A.    Kesimpulan

                       Berdasarkan analisis hasil penelitian yang telah dikemukakan pada pembahasan sebelumnya, akhirnya penulis memberikan kesimpulan bahwa PT. Arwana Citra Mulia telah menerapkan Sistem Informasi Manajemen di dalam Perusahaan, untuk itu dapat ditarik kesimpulan bahwa:
1. Penerapan sistem informasi manajemen sangat penting untuk suatu perusahaan khususnya di PT. Arwana Citra Mulia dimana menggunakan aplikasi pengolah data yaitu teknologi informasi dalam mendukung proses pengolahan data dengan menggunakan infrastruktur teknologi, seperti fasilitas belajar dengan memadukan computer dan program pengolah data.
2. Dalam mengimplementasikan sistem informasi manajemen dalam mendukung aktivitas perusahaan merupakan bagian terpenting yang bertugas mengkoordinir pada semua bagian divisi dan bertanggung jawab langsung pada manajemen puncak yang meliputi bagian pengumpulan data, bagian penginputan data, bagian penyimpanan data.









DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penenlitian. Jakarta: Bina Aksara. 1989.
Davis, B. Gordon. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajmemen. Jakarta: Pustaka
Binaman Pressindo. 1984. Death. “Tujuan Umum Sistem Informasi Manajemen” dalam http://abprallen. blogspot.com/2010/10/tujuan-umum-sistem-informasi-manajemen.html.
Death. “Fungsi Penting Sistem Informasi Akuntansi (SIA)” dalam http://abprallen. blogspot.com/2010/10/fungsi-penting-sistem-informasi.html.
Handoko, T. Hani. Manajemen. Yogyakarta; BPFE-YOGYAKARTA. 1999.
Kampus Ciamis “Sistem Informasi Manajemen” dalam http:// blog2danny. blogspot.
com/2010/01/ sistem-informasi-manajemen-dalam.html.
Moekijat. Pengantar Sistem Informasi Manajemen. Bandung: CV. Mandar Maju.
2005.
Syamsi, Ibnu. Pengambilan Keputusan dan Sistem Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.
1995.
Siagian, P. Sondang. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Bumi Aksara, 2006.
Yeniretnowati. “Sistem Informasi Manajemen” dalam http:// yeniretnowati. blogspot.
com/.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar