TUGAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA PT. ARWANA CITRA MULIA
![Image result for logo mercu buana](https://cdn2.tstatic.net/jogja/foto/bank/images/logo-universitas-mercu-buana-yogyakarta_20171218_164530.jpg)
Disusun Oleh : Theresia Magdalena
NIM : 43218110075
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis
sanpaikan kepada Tuhan YME yang telah memberikan petunjuk Nya dalam
menyelesaikan makalah ini. Adapun latar belakang penulis membuat TUGAS SISTEM
INFORMASI MANAJEMEN: IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA PT. ARWANA
CITRA MULIA untuk memenuhi tugas yang
diberikan oleh Bapak Yananto Mihadi Putra, SE, M.Si Sebagai dosen mata kuliah
Sistem Informasi Manajemen.
Penulis ingin
mengucapkan terima kasih kepada beberapa pihak yang telah membantu dalam rangka
penyelesaikan proposal ini, selain itu kerja sama yang baik diantara semua
pihak yang terlibat dengan penulis membuat proposal ini dapat terselesaikan
tepat pada waktu yang telah ditentukan.
Seperti kata pepatah,
tidak ada gading yang tak retak. Penulis menyadari bahwa proposal ini masih
jauh dari sempurna, masih banyak hal yang kurang dalam penulisan proposal ini.
Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar
penulis dapat memperbaikinya. Harapan penulis, semoga proposal ini dapat
bermanfaat dan menjadi sumber ilmu yang baru bagi kita semua.
Jakarta, 06 September 2019.
x
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR
...................................................................................
v
DAFTAR
ISI
..................................................................................................
x
ABSTRAK
.....................................................................................................
xii
BAB
I PENDAHULUAN ..............................................................................
1
A.
Latar Belakang
.......................................................................................
1
B.
Tujuan Makalah .....................................................................................
1
BAB
II TINJAUAN TEORITIS .................................................................
2-3
A.
Sistem Informasi Manajemen..........................................................
2
1.
Pengertian Sistem Informasi Manajemen ................................. 2
2.
Tujuan Sistem Informasi Manajemen ....................................... 3
3.
Fungsi Sistem Informasi Manajemen ....................................... 3
BAB
III LANDASAN TEORI ..............................................................
4-8
A.
Sistem Informasi (Bagian-Bagiannya) .................................... 4
B.
Sistem Informasi dan Organisasi …………………….................. 7
BAB
IV PENUTUP ...................................................................................
9
A.
Kesimpulan ..........................................................................................
9
DAFTAR
PUSTAKA................................................................................
10
xii
ABSTRAK
Nama
: Theresia Magdalena
Nim : 43218110075
Fak/Jur
: Ekonomi/Accounting
Judul
: SISTEM INFORMASI MANAJEMEN: IMPLEMENTASI
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA PT. ARWANA CITRA MULIA
Tugas
ini membahas tentang bagaimana implemetansi sistem informasi manajemen pada PT.
Arwana Citra Mulia
Tugas
ini bertujuan untuk mengetahui implementasi sistem informasi manajemen pada PT.
Arwana Citra Mulia serta memiliki kegunaan dari berbagai pihak, baik itu dari
pihak perusahaan maupun dari pihak penulis sendiri.
Hasil
dari tugas ini menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi manajemen dalam PT.
Arwana Citra Mulia sudah terlaksana dengan baik dengan memanfaatkan segala fasilitas/
sarana dan prasarana sebagai batu pijakan dalam Optimalisasi Penerapan Sistem
Informasi Manajemen di perusahaan ini.
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan,
informasi, dan teknologi komunikasi menjadikan kamajuan ilmu pengetahuan
diberbagai bidang seperti perusahaan ataupun organisasi, tanpa kecuali pada
bidang pendidikan. Keberadaan dan peran teknologi informasi telah membawa era
baru dalam perkembangan pendidikan tetapi belum diimbangi dengan peningkatan
sumber daya manusia.
Sarlito W. Sarwono,
menyatakan bahwa: Maju dan berkembangnya peradaban dunia juga mempengaruhi alat
pendukungnya, diantaranya adalah teknologi komunikasi yang penggunaanya sebagai
alat bantu untuk memproses dan mentransfer perangkat data informasi yang dibutuhkan,
teknologi komunikasi pula sebagai sebab masuknya norma dan nilai baru dari luar
yang pada gilirannya norma dan nilai baru ini masuk ke dalam lingkungan kehidupan
keluarga dan masyarakat.
Pemanfaatan konsep dan strategi yang digunakan
dalam memberikan layanan dapat berupa informasi. Aplikasi pengolahan informasi
dalam berbagai bidang sering disebut dengan istilah MIS (Management Information
System) atau SIM (Sistem Informasi Manajemen).
Sistem
Informasi Manajemen adalah serangkaian sub sistem informasi yang menyeluruh dan
terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data
sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan
produktivitas atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan.
Pada hal ini, penulis
akan mengulas lebih dalam implementasi pada perusahaan Arwana Citra Mulia,
dengan alasan karena PT. Arwana Citra Mulia menyadari pentingnya praktek sistem
informasi yang dipadukan dengan kemajuan teknologi informasi yang dikembangkan
di dalam sistem informasi yang handal dalam meningkatkan mutu perusahaan.
B. Tujuan Makalah
Tujuan Tugas Makalah tentang SIM
ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana memanfaatkan sistem
informasi sebagai alat bantu dalam proses pengambilan keputusan manajemen.
BAB
II
TINJAUAN
TEORETIS
A. Sistem Informasi
Manajemen (SIM)
![Image result for sistem informasi manajemen](https://konsultanbisnis.id/wp-content/uploads/2019/02/sistem.png)
1. Pengertian Sistem
Informasi Manajemen
Sistem Informasi
Manajemen mengandung arti sekumpulan orang, seperangkat pedoman dan pemilihan
peralatan pengolahan data, menyimpan, mengolah dan memakai data untuk
mengurangi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan dengan memberikan
informasi kepada manajer agar dapat dimanfaatkan pada waktunya secara efesien.
Didefinisikan sebagai
sekumpulan subsistem yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama dan
membentuk satu kesatuan, saling berinteraksi dan bekerja sama antara bagian
satu dengan yang lainnya dengan cara-cara tertentu untuk melakukan fungsi
pengolahan data, menerima masukan (input) berupa data-data, kemudian
mengolahnya (processing), dan menghasilkan keluaran (output) berupa informasi
sebagai dasar bagi pengambilan keputusan yang berguna baik pada saat itu maupun
di masa mendatang, dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada dan tersedia
guna mencapai tujuan.
Sistem
Informasi Manajemen (SIM) mempunyai karakteristik, yaitu:
a.
Dalam organisasi terdapat satu bagian khusus sebagai pengelola SIM pendidikan
b.
SIM merupakan jalinan lalu lintas data dan informasi dari setiap bagian di
dalam bagian dalam organisasi yang terpusat di bagian SIM pendidikan
c.
SIM merupakan jalinan hubungan antar bagian dalam organisasi melalui satu bagian
SIM
d.
SIM merupakan segenap proses yang mencakup: pengumpulan data, pengolahan data,
Penyimpanan data, Pengambilan data, Penyebaran informasi dengan cepat dan
tepat.
e.
SIM bertujuan agar para pelaksana dapat melaksanakan tugas dengan baik dan benar
serta pemimpin dapat mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.
2. Tujuan Sistem
Informasi Manajemen
Di
antara Tujuan Sistem Informasi Manajemen adalah:
a.
Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa,
produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
b.
Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian,
dan perbaikan berkelanjutan.
c.
Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.
Ketiga
tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer dan pengguna lainnya perlu memiliki
akses ke informasi akuntansi manajemen dan mengetahui bagaimana cara
menggunakannya.
3. Fungsi Sistem
Informasi Manajemen
Fungsi
penting yang dibentuk Sistem Informasi
Akuntansi
pada sebuah organisasi antara lain :
a.
Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
b.
Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan
keputusan.
c.
Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
Dengan
demikian jelas bahwa Sistem Informasi Manajemen yang efektif dapat memperlancar
manajemen dalam pencapaian tujuan organisasi dan juga berfungsi dalam proses
pengambilan keputusan serta pemecahan masalah yang lebih baik. Hal tersebut
dapat tercapai dengan disediakannya informasi yang sesuai dengan kebutuhan baik
dalam jumlah, kualitas, waktu, maupun biaya, selain biayanya mahal, juga tidak
berguna.
BAB
III
LANDASAN
TEORI
1. PENGELOMPOKKAN
SISTEM INFORMASI
*Batch
Procesing (Proses Pengelompokan)
Pada
tahap awal perkembangan komputer , semua pemrosesan komputer berdasarkan
batch-nya (Kelompoknya). Tehnisnya organisasi mengumpulkan tumpukan traksaksi
lalu diolah pada suatu waktu, kemudian dicatat kedalam media computer yang
dapat dibaca, seperti pita magnetik. Selanjutnya secara fisik dibawa kepusat
Komputer dan seluruh persedian diperbaharui melalui pemrosesan dimana tumpukan
data harian ditambah master file persediaan komputer. Baru setelah itu
menghasilkan laporan.
*
On – line sistem
Dengan
maksud menghindari kelambatan waktu dalam pemrosesan sistem Batch, dengan
sistem on-line setiap transaksi dimasukkan langsung ke Komputer ketika terjadi
transaksi.
·
Bidang Aplikasi Pendukung Manajemen :
1.
Transaction
Procesing System► Sistem pemrosesan transaction, sistem
ini memprose ribuan transaksi yang terjadi di organisasi setiap hari :
penjualan, pembayaran, penerimaan, mengiriman dan penerimaan barang, sewa beli
dll
2.
Decision
Support System (DSS)► adalah sistem yang berbasis komputer,
biasanya bersifat interaktif, dirancang untuk membantu manajer atau membuat
keputusan yang lain. DSS memasukkan baik data atau model untukmembantu pembuat
keputusan dalam mengatasi masalah, khususnya masalah yang tidak terstruktur.
3.
Group
Decision Support System (GSS) ► sistem dirangcang untuk mendukung
suatu kelompok tidak hanya individu sistem ini disebut GSS (Group Decision
Support System) atau Electronik Meeting System (EMS) yang bertujuan untuk
memberi keuntungan kekuatan bagi kelompok organisasi dalam membuat keputusan
yang lebih baik dibandingkan dengan keputusan yang dibuat sendiri.
4.
Geographic
Information System (GIS) ► adalah suatu sistem berbasis komputer
yang dirancang untuk mengumpulkan, menyimpan, mengambil, memanipulasi dan
menampilkan data tempat (spatial data). GIS menghubungkan data ke peta yang ada
dalam komputer sehingga karakteristik tempat dari data bisa dihimpun dengan
mudah. GIS seringkali berfungsi sebagai DSS untuk menjalankan tugas
penyeleksian tempat restauran fas food dan penetapan rute pengiriman barang.
5.
Exccutive
Information System (EIS) ► Konsep kunci dari sistem ini adalah
mampu mengirim informasi terbaru tentang keadaan bisnis langsung pada eksekutif
puncak. EIS didesain untuk digunakan secara langsung oleh manajer puncak tanpa
bantuan perantara. EIS menggunakan tampilan grafik, komunikasi, dan metode
penyimpanan data untuk memudahkan para eksekutif dalam mengakses secara on-line
informasi terbaru tentang keadaan organisasi yang dipimpinnya.
·
Bidang Aplikasi Pendukung Fungsional :
1.
Office
Automation► Otomasi kantor melibatkan
seperangkatfungsi yang saling berhubungan dan dapat diintegrasikan dalam sistem
tunggal. Fungsi-fungsi yang biasa dipakai adalah electronic mail, word
processing, pengopian, penyimpanan dokumen, voice mail, desktop publishing.
2.
Factory
Automation ►melibatkan seperangkat mesin-mesing
yang terkontrol secara numerik (numericsal controlled machines) yang
menggunakan program komputer untuk mengawasi jalannya mesin-mesin canggih.
3.
Computer
Integrated Manufacturing (CIM) ► sistem yang menghubungkan MRP dan
mesin yang dikontrol dengan angka (numerik) memungkinkan tidak hanya membuat
jadwa,tapi mengawasi berbagai mesin yang sedang bekerja.
·
Bidang Aplikasi Berbasis Teknologi :
1.
Aftificial
Intelligence (AI) ► Ide AI sendiri berdasarkan pemikiran
bahwa bagaimana membuat komputer melakukan pekerjaan lebih baik dari yang
dilakukan manusia. Sistem AI ini meliputi bahasa Natural, robot, sistem
penglihatan dan pendengaran, sistem pakar, dan jaringan neural .
2.
Virtual
Reality ► sistem yang mengacu pada penggunaan
sistem berbasis komputer yang menciptakan suatu lingkungan yang tampak nyata
terhadap satu atau lebih sensor dari pengguna.
·
Bidang Aplikasi Berbasis Rancang
Bangun
A.
Distibuted
System ð adalah sistem dimana komputer dari beberapa ukuran diletakkan
diberbagai tempatsuatu organisasi menjalankan aktivitas bisnisnya (kantor
pusat,pabrik,toko,gudang,bangunan kantor) dan komputer tersebut dengan jalur
telekomunikasi agar mampu menyokong proses bisnis.
B.
Client.Server
system ð adalah sistempemrosesan yang didistribusikan antara komputer server
pusat, seperti minicomputer atau workstation, dengan jumlah komputer klien,
yang biasanya dalam bentuk microkomputer destop.
2. SISTEM
INFORMASI MEMPENGARUHI ORGANISASI
a.
Pada
Teori Ekonomi dan Teori Ekonomi Mikro, dimana membicarakan keterlibatan
sejumlah besar perusahaan di suatu negara dan negara lain dalam skala bahasan
ekonomi mikro dan makro dengan segala aspek perdagangan dalam lingkup negara
dan international. Maka dengan demikian dalm teori ekonomi mikro teknologi
informasi semestinya menghasilkan keikutsertaan sejumlah manajer menengah dan
pekerja khusus yang lebih sedikit yaitu pada saat teknologi informasi
menggantikan tenaga kerja manusia.
b.
Teori
Biaya Transaksi : teknologi informasi dapat membantu perusahaan dalam
menurunkan biaya transaksi, dan membuatnya lebih bernilai bagi perusahaan untuk
melakukan kontrak dengan pemasok luar daripada menggunakan sumber-sumber
penawaran dari luar.
c.
Teori
Agensi : teknologi informasi memungkinkan bagi organisasi untuk mengurangi
keseluruhan biaya manajemen dan memungkinkan untuk meningkatkan revenues,
sementara manajemen menengah dan pekerjaan-pekerjaan klerikal dapat dikurangi.
d.
Teori
Prilaku : Karena teknologi informasi digunakan untuk mempromosikan nilai-nilai
dan keinginan organisasi. Pengaruh teknologi informasi adalah sebuah refleksi
dari apa yang diorencanakan atau diinginkan organisasi dan perancang sistem.
Dalam model prilaku perusahaan, pengaruh sistem informasi tidaklah sesederhana
dan langsung seperti model ekonomi.
e.
Teori
keputusan dan pengawasan : Fungsi organisasi adalah membuat keputusan dibawah
kondisi yang tidak pasti dan beresiko serta tetap berada dibawah batasan
rasionalitas.
f.
Teori
Sosiologi : Oligarchi dan Rutin
Teori sosiologi memfokuskan
pada pertumbuhan hirarki, sruktur birokrasi dan prosedur operasi standart
sebagai alat utama bagi organisasi dalam rangka menghadapi lingkungan yang
tidak stabil.
g.
Teori
Post-industrial : bentuk dan struktur yang bermuatan Pengetahuan.
Dalam
masyarakat paska industri, yaitu ekonomi paska industri tahun 1960-an. Sektor
pelayanan mendominasi aktivitas perekonomian. Sektor pelayanan itu sendiri
sangat mengutamakan knowledge worker(ilmuan, ahli tehnik, dan bahkan manajer)
dan data worker seperti sekretaris, akuntan atau sales people. Dalam masyarakat
paska ekonomi industri global, industri manufaktur dipindahkan kenegara-negara
berupah rendah dan high skill, sementara pekerjaan berbasis pengetahuan
(knowledge based) tumbuh dengan cepat di negara-negara maju dengan upah yang
tinggi.
h.
Teori
Budaya : Teknologi Informasi dan Asumsi Dasar.
Teknologi informasi dapat mengancam atau
mendukung budaya sebuah organisasi. Berkembangnya teknologi komputer mikro
mengancam manufaktur komputer mainframe dan para pelanggannya. Sebaliknya,
Teknologi informasi dapat mendukung budaya dalam organisasi, sebagaimana yang
terjadi dalam industri asuransi yang menggunakan teknologi komputer untuk
menekan cost. Khususnya dalam memproses klaim.
i.
Teori
Politik : Teknologi Informasi sebagi sumber daya Politik
Organisasi dibagi ke dalam sub-sub kelompok
fungsional sepertipemasaran, akuntasi, dan produksi. Kelompok-kelompok
inimempunyai nilai (value) yang berbeda dan mereka bersaing untuk mendapatkan
resources, membuat kompetisi dan konflik. Teori politik menggambarkan sistem
informasi sebagai outcome dari persaingan politik antar sub-sub kelompok untuk
mempengaruhi kebijakan, prosedur, dan resources organisasi.
BAB
IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan analisis
hasil penelitian yang telah dikemukakan pada pembahasan sebelumnya, akhirnya
penulis memberikan kesimpulan bahwa PT. Arwana Citra Mulia telah menerapkan
Sistem Informasi Manajemen di dalam Perusahaan, untuk itu dapat ditarik
kesimpulan bahwa:
1.
Penerapan sistem informasi manajemen sangat penting untuk suatu perusahaan khususnya
di PT. Arwana Citra Mulia dimana menggunakan aplikasi pengolah data yaitu teknologi
informasi dalam mendukung proses pengolahan data dengan menggunakan infrastruktur
teknologi, seperti fasilitas belajar dengan memadukan computer dan program
pengolah data.
2.
Dalam mengimplementasikan sistem informasi manajemen dalam mendukung aktivitas
perusahaan merupakan bagian terpenting yang bertugas mengkoordinir pada semua
bagian divisi dan bertanggung jawab langsung pada manajemen puncak yang meliputi
bagian pengumpulan data, bagian penginputan data, bagian penyimpanan data.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto,
Suharsimi. Prosedur Penenlitian. Jakarta: Bina Aksara. 1989.
Davis,
B. Gordon. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajmemen. Jakarta: Pustaka
Binaman
Pressindo. 1984. Death. “Tujuan Umum Sistem Informasi Manajemen” dalam
http://abprallen.
blogspot.com/2010/10/tujuan-umum-sistem-informasi-manajemen.html.
Death.
“Fungsi Penting Sistem Informasi Akuntansi (SIA)” dalam http://abprallen.
blogspot.com/2010/10/fungsi-penting-sistem-informasi.html.
Handoko,
T. Hani. Manajemen. Yogyakarta; BPFE-YOGYAKARTA. 1999.
Kampus
Ciamis “Sistem Informasi Manajemen” dalam http:// blog2danny. blogspot.
com/2010/01/
sistem-informasi-manajemen-dalam.html.
Moekijat.
Pengantar Sistem Informasi Manajemen. Bandung: CV. Mandar Maju.
2005.
Syamsi,
Ibnu. Pengambilan Keputusan dan Sistem Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.
1995.
Siagian,
P. Sondang. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Bumi Aksara, 2006.
Yeniretnowati.
“Sistem Informasi Manajemen” dalam http:// yeniretnowati. blogspot.
com/.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar