SISTEM INFORMASI MANAGEMEN
BLOG DAN DATABASE
![Image result for logo umb](https://mercubuana.ac.id/en/images/zt_bravi/logo_baru_umb.jpg)
Theresia
Magdalena
43218110075
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS MERCU BUANA
JAKARTA
2019
KATA PENGANTAR
Puji
syukur penulis sanpaikan kepada Tuhan YME yang telah memberikan petunjuk Nya
dalam menyelesaikan makalah ini. Adapun latar belakang penulis membuat TUGAS
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN: BLOG DAN DATABASE untuk memenuhi tugas yang
diberikan oleh Bapak Yananto Mihadi Putra, SE, M.Si Sebagai dosen mata kuliah
Sistem Informasi Manajemen.
Penulis
ingin mengucapkan terima kasih kepada beberapa pihak yang telah membantu dalam
rangka penyelesaikan proposal ini, selain itu kerja sama yang baik diantara
semua pihak yang terlibat dengan penulis membuat proposal ini dapat
terselesaikan tepat pada waktu yang telah ditentukan.
Seperti
kata pepatah, tidak ada gading yang tak retak. Penulis menyadari bahwa proposal
ini masih jauh dari sempurna, masih banyak hal yang kurang dalam penulisan
proposal ini. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang
membangun agar penulis dapat memperbaikinya. Harapan penulis, semoga proposal
ini dapat bermanfaat dan menjadi sumber ilmu yang baru bagi kita semua.
Jakarta, 23 Desember 2019.
Pangkalan data atau basis data
(bahasa Inggris: database)
adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program
komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
Blog
merupakan singkatan dari web
log[1] adalah bentuk aplikasi
web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.
Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu
sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs
web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut
Web database adalah salah satu sistem yang
digunakan menyimpan informasi dan kemudian dapat di akses melalui website.
Sebagai contoh sederhana, sebuah komunitas online atau online community, akan
memiliki database untuk menyimpan informasi username, password, dan informasi
detail lainnya yang dimiliki oleh semua anggota dan sistem database yang paling
umum dipergunakan di Internet adalah MySQL. karena mudah untuk terintegrasi
dengan PHP dan PHP sendiri merupakan server side programming language
yang paling umum digunakan oleh developers.
Ciri-ciri
:
Berikut adalah ciri-ciri blog secara umum
Berikut adalah ciri-ciri blog secara umum
1. Memiliki
Nama dan Alamat yang bisa diakses secara online
2. Memiliki
tujuan
3. Memiliki
isi atau postingan yang berupa artikel, catatan, dan informasi lainnya
4. Postingan
atau isi blog terarsip (tersimpan sesuai tanggal, bulan dan tahun posting)
5. Isi
Blog umumnya selalu bertambah atau terupdate sesuai dengan tujuan blog
Tujuan Blog Secara Umum, antara lain :
- Menyampaikan informasi yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun
bagi orang lain
- Memberikan keuntungan bagi diri sendiri maupun orang lain
- Menyalurkan hobby dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang
positif
- Berkarya atau aktualisasi diri
- Saling bertukar pengetahuan dengan pembaca, blogger menulis,
pengunjung memberikan tanggapan atau komentar
- Berbagi pengalaman
- berbagi software berguna, seperti foto, film/video, dokumen, dsb
- banyak lagi, sesuai dengan jenis / topik yang diangkat
Di dalam
database tersusun urutan- urutan data
dari elemen data
paling rendah sampai ke yang tertinggi.
Secara tradisional hirarki data
terdiri dari:
(1) elemen data,
(2) catatan, dan
(3) File.
Elemen-elemen data kemudian dicatat dan kumpulan
catatan pada tahap berikutnya dibentuk menjadi suatu file. Dalam suatu sistem yang menggunakan
komputer pengorganisasian data terdiri dari bit, byte, fields, records, files dan Database .
Berikut ini beberapa penggunaan blog dalam kaitannya dengan
dunia bisnis (perusahaan).
Komunikasi dengan Pelanggan
Blog dapat digunakan untuk mem-publish pengumuman, berita,
acara, artikel maupun produk baru. Melalui blog, pelanggan dapat dengan mudah
mengetahui perkembangan terkini perusahaan dan juga produk-produk terbarunya.
Pelanggan juga dapat memberikan komentar, tanggapan atau masukannya terhadap
perusahaan, baik mengenai produk, management maupun pelayanan yang diberikan.
Memperlihatkan Kemampuan Perusahaan
Bagi perusahaan (dan juga personal),
blog dapat menjadi media untuk membangun ‘company branding’. Perusahaan dapat
menyajikan artikel, jurnal atau hasil penelitian yang berkenaan dengan produk
dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan demikian, pelanggan akan
merasa bahwa perusahaan yang bersangkutan memang ahli di bidangnya, terbukti
banyaknya tulisan yang disajikan mengenai produk dan layanannya.
Menarik Perhatian Pelanggan
Perusahaan dapat memanfaatkan blog
untuk menarik perhatian pelanggan tentang suatu produk yang akan diluncurkan.
Perusahaan dapat membuat serangkaian tulisan yang menarik dan undang
sebanyak-banyaknya pelanggan untuk ikut berkomentar. Sebagai contoh, banyak
produser film yang memanfaatkan situs atau blog untuk membangun opini publik
sebelum film dirilis. Dengan adanya tulisan berkenaan dengan film yang akan
dirilis, membuat orang akan merasa penasaran, sehingga banyak orang yang
tertarik untuk menonton film saat dirilis.
Meningkatkan Penjualan
Buzz Bruggeman, merupakan salah satu pendiri perusahaan ActiveWords. ActiveWords merupakan perusahaan
yang membuat dan menjual suatu software yang memungkinkan kita untuk membuat
shortcut ke berbagai file, folder atau aplikasi di komputer kita. Target
penggunanya adalah orang yang ingin bekerja secara cepat dan efisien. Buzz
mengatakan bahwa lebih dari 50 persen pengunjung yang mendownload softwarenya,
berasal dari blog seseorang yang mereview software ActiveWords. Bahkan
sebuah review di USA Today dapat menaikkan penjualan hingga 2.3
juta sehari.
Memperbaiki Kesalahan Perusahaan
Mungkin beberapa dari kita pernah mendengar atau membaca
mengenai kasus yang dialami oleh sebuah perusahaan gembok terkenal yaitu Kryptonite. Perusahaan ini mengalami kerugian
hingga jutaan dollar karena terlambat menyadari bahwa salah satu produknya
ternyata cacat. Salah satu konsumen menemukan bahwa hanya dengan menggunakan
pensil, kunci dapat dibuka dengan mudah. Konsumen tersebut menuliskan temuannya
di blog pribadinya. Efeknya menjadi sangat besar saat salah satu blog terkenal, http://engadget.com, mempublikasikan tulisan yang sama. Ribuan konsumen pengguna kunci dari
Kryptonite menuntut perusahaan, dan akibatnya perusahaan harus mengganti
seluruh kerugian yang dialami oleh konsumen dan menarik semua produknya yang
cacat. Sebenarnya hal tersebut tidak akan berlanjut hingga mengakibatkan
kerugian besar bagi perusahaan jika perusahaan cepat-cepat menanggapi temuan
yang ditulis pertama kali dan dengan segera melakukan perbaikan.
Sebagai media kolaborasi, project
management dan komunikasi internal
Bagi internal perusahaan, blog juga
dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dan kolaborasi antar karyawannya. Setiap
karyawan didorong untuk menuliskan segala hal mengenai perusahaan, baik berupa
usulan, komentar, ide, saran maupun kekecewaan dalam blognya masing-masing.
Komunikasi yang terjalin antar karyawan melalui blog akan mengakibatkan suasana
bekerja lebih kondusif dan pada akhirnya akan meningkatkan etos kerja dan
produktivitas karyawan.
MANFAAT DATABASE SEBAGAI SOLUSI DALAM PERUSAHAAN YAITU:
·
Sebagai
komponen utama atau penting dalam system informasi, karena merupakan dasar
dalam menyediakan informasi
·
Menentukan
kualitas informasi yaitu cepat, akurat, dan relevan, sehingga infromasi yang
disajikan tidak basi. Informasi dapat dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih
efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkanya.
·
Mengatasi
kerangkapan data (redundancy data)
·
Menghindari
terjadinya inkonsistensi data
·
Mengatasi
kesulitan dalam mengakses data
·
Menyusun
format yang standar dari sebuah data.
Hambatan
dalam membuat blog
a. Keterbatasan
ide untuk membuat topik yang ingin di posting
Ide
merupakan senjata utama untuk membuat konten yang ingin di posting , ide juga
bisa menjadi sesutau yang sangat susah untuk di dapat, keterbatasan ide akan
membuat para blogger jarang untnuk membuat konten, bahkan tidak sedikit blogger
yang meninggalkan blognya karena kehabisan ide.
b. Blog
yang dikelola sepi pengunjung
Pengunjung
yang bisa menjadi factor para blogger terus bersemangat membuat konten baru
untuk diposting, dan tidak semua blogger memiliki pengunjung yang berlimpah.
Hal ini akan membuat blogger mulai malas membuat konten yang baru.
c. Waktu
yang terbatas untuk mengurus blog
Waktu
merupakan saalah satu yang susah di hadapi , terlebih lagi apabila memiliki
banyak kegiatan.
Hambatan dalam penggunaan
database
Tantangan: Pemetaan data tidak
terstruktur dengan baik
Pengkategorian yang kurang tepat,
format data tidak konsisten, dan adanya duplikat, dapat mempersulit dan
memperlambat proses pencarian data.
Solusi: Buat rencana secara detail sejak
awal. Fokus membangun sistem struktur dasar terlebih dahulu untuk memudahkan
dalam menemukan, mengakses, dan menganalisis data di kemudian hari.
Tantangan: Entri data tidak akurat
dan terpercaya, serta inkonsisten
Data berasal dari berbagai sumber dan
administrator. Kemajemukan ini menciptakan tumpukan data dengan bermacam tipe
yang memiliki standarnya sendiri, yang dapat berdampak pada integritas data.
Solusi: Otomatisasi, atau pengaturan
pekerjaan dengan mesin dalam industri, adalah cara yang dapat diandalkan untuk
mengelola data jika dibandingkan dengan proses manual, karena manusia pada
dasarnya rentan terhadap kesalahan. Mengelola data yang akurat dan
terstandardisasi adalah upaya yang rumit, namun jika dilakukan dengan benar,
otomatisasi data dapat merevolusi cara perusahaan mengelola data jadi lebih
rapi dan terstruktur.
Tantangan: Data tersimpan dalam
sumber yang berbeda
Perusahaan menghadapi tantangan utama
ketika data harus dikumpulkan dari variasi sistem manajemen database dengan kompatibilitas operasional yang
berbeda. Kesenjangan ini akan menimbulkan masalah dalam penarikan data.
Solusi: Gunakan penerjemah antar sistem.
Gunakan aplikasi pendamping yang dapat terhubung dengan koneksi multi-database dan platformdengan
operasi multi-sistem.
Tantangan: Mencari data dalam waktu
singkat
Volume data yang bisa jadi sangat
besar akan menyulitkan dalam mencari data tertentu di dalam tumpukan data.
Solusi: Gunakan aplikasi yang akan memudahkan
mencari objek dan relasi data dengan fitur keyword
search yang dapat
menghasilkan pemetaan antar objek pada sebuah database.
Tantangan: Integritas data tidak
terjamin
Integritas adalah aspek penting lain
dari keamanan database.
Kewenangan administrator yang tak terbatas dalam mengubah data akan mengurangi
integritas database.
Banyaknya jumlah pemegang akses ke penyimpanan data tentunya akan mempersulit
pengawasan aktivitas login, yang nantinya rentan terhadap cyber attack.
Solusi: Batasi sistem keamanan dengan kontrol
akses. Pastikan bahwa hanya orang terpercaya yang dapat melihat informasi
perusahaan. Gunakan sistem Kontrol Akses Pengguna yang menentukan izin siapa
yang dapat mengakses data tersebut. Kelola akses database dengan mekanisme ticketing, yang membuat
pengajuan hak akses admin harus melalui proses approval dari tingkat manajemen yang lebih
tinggi seperti manajer IT.
Pengguna
Basis Data
·
System Engineer
Tenaga ahli yang bertanggung jawab atas pemasangan Sistem Basis Data, dan juga mengadakan peningkatan dan melaporkan kesalahan dari sistem tersebut kepada pihak penjual
·
Database Administrator
(DBA)
Tenaga ahli yang mempunyai tugas untuk mengontrol sistem basis data secara
keseluruhan, meramalkan kebutuhan akan sistem basis data, merencanakannya dan mengaturnya.
·
End User (Pemakai Akhir)
Ada beberapa jenis (tipe) pemakai terhadap suatu sistem basis data yang dapat
dibedakan berdasarkan cara mereka berinteraksi terhadap sistem :
a) Programmer aplikasi
Pemakai yang berinteraksi dengan basis data melalui Data Manipulation Language (DML), yang disertakan (embedded) dalam program yang ditulis pada bahasa pemrograman induk (seperti C, pascal, cobol, dll)
b) Pemakai Mahir (Casual
User)
Pemakai yang berinteraksi dengan sistem tanpa menulis modul program. Mereka menyatakan query (untuk akses data) dengan bahasa query yang telah disediakan oleh suatu DBMS
c) Pemakai Umum (End User / Naïve User)
Pemakai
yang berinteraksi dengan sistem basis data melalui pemanggilan satu program aplikasi permanen (executable program) yang
telah ditulis (disediakan) sebelumnya
d) Pemakai Khusus (Specialized/Sophisticated User)
Pemakai yang menulis
aplikasi basis data non konvensional, tetapi untuk keperluan-keperluan khusus
seperti aplikasi AI, Sistem Pakar, Pengolahan Citra, dll, yang bisa saja mengakses basis data dengan atau tanpa DBMS yang
bersangkutan.
8 TIPS MEMBANGUN AUDIENS
BLOG PERUSAHAAN ANDA
1. Tulis blog untuk pembaca Anda,
bukan untuk diri sendiri
Hal yang pertama harus diingat selalu
adalah bahwa Anda menulis blog tersebut untuk dibaca orang lain. Bukan untuk
Anda baca sendiri. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan hal-hal seperti:
artikel apa yang menarik bagi pengunjung blog Anda; artikel apa yang sesuai
dengan kebutuhan mereka; desain apa yang mereka sukai. Hindari juga selalu
menulis artikel mengenai produk/layanan Anda. Tulislah mengenai hal-hal yang
akan disukai pengunjung blog Anda yang secara tidak langsung berkaitan dengan
produk/layanan Anda.
Selain itu, hindari menulis artikel
yang hanya ditujukan untuk mendapatkan peringkat atas di pecarian google.
Karena Anda bisa terjebak dengan menuliskan artikel yang penuh dengan kata
kunci yang Anda kehendaki, namun kualitas konten artikelnya buruk.
2. Tingkatkan kualitas tulisan Anda
Kualitas konten sebuah blog adalah
hal yang utama untuk mengundang pembaca. Tingkatkan kualitas artikel Anda
dengan memperhatikan gaya menulis dan tata bahasa. Pelajari bagaimana cara
membuat judul artikel yang menarik dan pelajari juga hal-hal yang berkaitan
dengan marketing online.
3. Percantik Konten Anda dengan
desain yang menarik
Pertama-tama pilih desain yang menarik, tidak membosankan,
dan tidak norak. Sebaiknya Anda memilih desain website yang responsif, yaitu desain website yang bekerja
dengan baik pada semua perangkat termasuk PC, laptop, smartphone, dan komputer
tablet.
Selain itu, ada baiknya Anda
menampilkan gambar untuk setiap artikel blog Anda. Gambar yang bisa Anda
gunakan adalah foto atau gambar ilustrasi. Gunakan foto maupun gambar yang Anda
siapkan khusus untuk artikel tersebut. Jangan asal comot dari Google Image
karena selain menurunkan tingkat kepercayaan pada blog perusahaan Anda, bisa
juga Anda jadi tersandung masalah hak cipta. Bekerjasama dengan fotografer
maupun illustrator professional merupakan ide yang bagus untuk mendatangkan
lebih banyak pengujung ke website Anda.
4. Libatkan karyawan Anda
Karena blog yang Anda buat adalah
untuk kepentingan usaha/perusahaan, bukan untuk kepentingan pribadi, maka
libatkanlahh karyawan Anda. Libatkan mereka untuk menggali ide-ide artikel yang
menarik untuk pengunjung blog Anda. Semakin banyak ide yang muncul, maka akan
semakin beragam dan menarik artikel-artikel dalam blog Anda.
Selain itu, beri kesempatan kepada
karyawan Anda yang mempunyai kompetensi menulis artikel untuk berpartisipasi.
Konten blog Anda akan menjadi lebih variatif.
5. Bagikan ke Media Sosial
Anda pasti sudah tahu bahwa salah
satu cara membuat lebih banyak pengunjung datang ke sebuah blog atau website
adalah dengan membagikan tautan artikel blog ke media social seperti FB,
twitter, maupun Google+.
Kolaborasikan dengan tips nomor 4.
Ajak karyawan Anda untuk membagikan tautan artikel blog Anda ke akun-akun media
sosial mereka. Semain banyak yang membagikan, semakin luas pula jangkauan blog
Anda.
6. Mudahkan pengunjung Anda
membagikan artikel yang Anda tulis
Cara lain yang harus Anda tempuh
adalah “membuat” pengunjung blog Anda membagikan tautan artikel blog Anda
dengan meletakkan tombol FB dan twitter seperti di bagian bawah artikel blog
ini. Semakin banyak orang yang membagikannya, semakin banyak pula orang akan
mengunjungi blog Anda, bukan?
7. Berkolaborasi dengan pihak lain
Tips di atas, dari nomor 1 sampai 6,
bisa Anda lakukan secara internal perusahaan Anda sendiri. Namun demikian,
tidak ada salahnya Anda juga berkolaborasi dengan pihak lain. Undang blogger
professional, yang sering menulis artikel yang berkaitan dengan perusahaan
Anda, untuk menjadi penulis tamu dalam blog Anda. Selain itu, Anda bisa juga
mengundang praktisi atau ahli untuk menjadi nara sumber artikel blog Anda.
Apa untungnya? Anda bisa “meminjam”
audiens mereka.
8. Gunakan perangkat (tools) namun jangan kehilangan sisi
kemanusiaan Anda
Ada beberapa perangkat yang bisa Anda
gunakan untuk tujuan meningkatkan jumlah pengunjung ke blog Anda. Salah satunya
adalah SEO (Search Engine Optimation). Gunakan perangkat-perangkat tersebut
untuk hasil yang maksimal.
Meskipun demikian, Anda tidak boleh
hanya mengandalkan perangkat saja. Ingatlah bahwa pembaca blog Anda adalah
manusia, sehingga tuliskan blog Anda dengan “sisi kemanusiaan”. Yaitu dengan
memperhatikan keinginan, selera, dan kebutuhan pembaca blog Anda.
Peran
Database dalam Perusahaan
Database memiliki peranan yang
sangat penting dalam perusahaan antara lain :
DSS ( Decision Support System)
Dengan penggunaan database yang
dapat mengontrol duplikasi
data, menjaga datatetap konsisten, terstandarisasi, dan
memberikan informasi yang lebih cepat, sangat membantu dalam proses pengambilan
keputusan sehingga lebih cepat, tepat dan akurat.
Value Added
Memberikan
nilai tambah bagi customer dengan
kemampuannya untuk memberikan informasi tepat, akurat, dan uptodate.
Efisiensi
Database
memudahkan pengelolaan informasi, memanipulasi data (input, update, delete), sehingga menghemat banyak waktu yang
dapat digunakan untuk kegiatan produktif lainnya.
Efektifitas
Tingkat produktifitas perusahaan
CRM (Customer Relationship Management)
Data pelanggan yang telah
terintegrasi dalam sistem berguna dalam menjalin hubungan perusahaan dan
pelanggan lebih baik. Perusahaan dapat menawarkan produk / diskon secara
langsung kepada pelanggan. Perusahaan juga dapat memberikan ucapan selamat
ulang tahun yang berguna dalam membentuk loyalitas pelanggan.
Sistem data base mempunyai beberapa criteria yang penting, yaitu:
a) Bersifat data oriented
dan bukan program oriented
b) Dapat digunakan oleh
beberapa program aplikasi tanpa perlu mengubah databasenya.
c) Dapat berkembang
dengan mudah baik volume maupun strukturnya
d) Dapat memenuhi
kebutuhan system baru secara mudah
e) Dapat digunakan dengan
cara-cara yang berbeda
f) Kerangkapan data (data
redundancy) minimal.
Keenam criteria
tersebut membedakan secara nyata/jelas antara file database dan file
tradisional yang bersifat program oriented, yaitu hanya dapat digunakan oleh
satu program aplikasi; berhubungan dengan suatu persoalan tertentu untuk system
yang direncanakan; perkembangan data hanya mungkin terjadi pada bolume data
saja; kerangkapan data terlalu sering muncul/tidak terkontrol dan hanya dapat
digunakan dengan satu cara tertentu saja.
Dua tujuan utama dari konsep database adalah:
·
Meminimumkan pengulangan
·
Mencapai independensi data
Independensi data adalah kemampuan untuk membuat perubahan dalam struktur data tanpa membuat perubahan pada program yang memproses data.
Independensi data adalah kemampuan untuk membuat perubahan dalam struktur data tanpa membuat perubahan pada program yang memproses data.
Elemen Sistem Database
Sistem database mempunyai beberapa elemen penyusun system.
Elemen pokok penyusun system database adalah sebagai berikut:
·
Data base
·
Sofware (perangkat lunak)
·
Hardwere (perangkat keras)
·
Manusia (Brainware)
Sedangkan bentuk-bentuk organisasi/perusahaan
yang memanfaatkan basis data (sebagai komponen sistem informasi dalam
organisasi/perusahaan) dapat berupa :
- Perbankan; dalam melakukan pengelolaan data
nasabah/data tabungan/data pinjaman, pembuatan laporan-laporan akuntansi,
pelayanan informasi pada nasabah/calon nasabah, dan lain-lain.
- Asuransi; dalam melakukan pengelolaan data nasabah/data
pembayaran premi, pemrosesan pengajuan klaim asuransi, dan lain-lain
- Rumah Sakit; dalam melakukan pengelolaan histori penyakit/pengobatan
pasien, menangani pembayaran perawatan, dan lain-lain
- Produsen Barang; dalam melakukan pengelolaan data
keluar-masuk barang (inventori), dan lain-lain
- Industri Manufaktur; dalam membantu pengelolaan pesanan
barang, mengelola data karyawan dan lain-lain
- Pendidikan/Sekolah; dalam melakukan pengelolaan data
siswa, penjadualan kegiatan perkuliahan, dan lain-lain
- Telekomunikasi; dalam melakukan pengelolaan data
administrasi kabel/data pelanggan, menangani gangguan, dan lain-lain
Kasus
: Basis data terdistribusi pada sistem
informasi pemesanan tiket travel
Perusahaan-perusahaan
terutama perusahaan yang memiliki banyak cabang kebanyakan akan menyebar
datanya di lokasi server yang berbeda-beda, mereka dapat menggunakan sistem
basis data terdistribusi untuk mengelola data mereka. Sistem Basis Data
Terdistribusi adalah kumpulan data logic yang saling berhubungan, secara fisik
terdistribusi dalam jaringan komputer, yang tidak tergantung dari program
aplikasi sekarang maupun pada masa yang akan datang. Namun banyak sekali
kendala yang mengikuti sistem basis data ini, mulai dari bagaimana menjaga
konsistensi datanya, hingga kemungkinan terjadinya replikasi data di situs.
Untuk
mengendalikan masalah-masalah tadi, kita bisa menggunakan aplikasi DBMS (database
management system), aplikasi ini memungkinkan ditatanya suatu basis data
terdistribusi dan membuat distribusi tersebut transparan bagi setiap pengguna.
sistem basis data tunggal yang dibagi menjadi beberapa bagian, dan
masing-masing bagian itu disimpan pada beberapa komputer berbeda yang terhubung
dalam suatu jaringan komunikasi dibawah pengontrolan terpisah oleh DBMS.
Pengguna
akan mengakses basis data melalui sebuah aplikasi yang berbasis database,
diakses secara global dari suatu server yang terpusat. DBMS terdistribusi akan
memilki karekteristik sebagai-berikut :
1. Kumpulan data-data logic (yang dapat
digunakan secara bersama) terdistribusi pada beberapa unit komputer yang
berbeda.
2. Komputer tersebut terkoneksi
ke dalam suatu jaringan komunikasi.
3. Data pada masing-masing unit
komputer (work-station) terkontrol oleh suatu DBMS.
4. DBMS pada masing-masing bagian dapat
menangani aplikasi-aplikasi local, secara otomatis.
5. Masing-masing DBMS
berpartisipasi paling tidak pada satu apliakasi global.
Pada Travel X terdapat beberapa cabang, dan bisa melakukan
pemesanan tiket, selain itu bisa juga secara online. Jadi pelanggan bisa
memesan via langsung ke cabang tertentu atau pun online. perbedaannya adalah
jika seseorang melakukan pemesanan langsung maka ia akan langsung mendapatkan
tiketnya lalu ia akan berstatus Lunas, sedangkan jika memesan online maka ia harus
terlebih dahuhlu membayar ke bank lalu menukarkan mengambil tiketnya di tempat
ia akan berangkat. Sebelum ia membayar, ia masih berstatus Belum Lunas dan
diberikan tenggat waktu lima jam dari waktu pemesanan. Jika ia belum membayar
maka pemesanan yang ia lakukan dianggap hangus.
Daftar Pustaka
Putra, Yananto Mihadi. (2018). Modul Kuliah Sistem
Informasi Manajemen: Blog dan Sistem Database. FEB - Universitas Mercu
Buana: Jakarta.)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar